PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK

Tri Kuwati, Puguh Wahyu Prasetyo, Fransisca Mujirah

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SD Negeri Sendangdalem, Dinas Pendidikan Kecamatan
Padureso, Kebumen. 2021. Peneliti mengadakan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan harapan untuk mengetahui
seberapa tinggi keefektifan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar
tematik tema 4 Globalisasi pada siswa kelas VI SD Negeri Sendangdalem pada semester 1
tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (Penelitian Tindakan Kelas) yang
meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi
(observation), dan refleksi (reflection). Data hasil belajar diambil dengan menggunakan
perangkat tes berupa tes objektif, data opini siswa tentang peran media audio visual diambil
melalui lembar angket dan wawancara, data motivasi belajar diambil melalui lembar observasi,
dan data proses pembelajaran diambil melalui lembar observasi. Teknis analisis menggunakan
teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis krisis.
Dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media
audio visual dalam proses pembelajaran tematik tema 4 globalisasi terbukti dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sendangdalem. Terbukti dari situsi awal
ketuntasan siswa sebesar 29 % setelah pelaksanaan tindakan I naik menjadi 77% dan setelah
pelaksanaan tindakan II naik menjadi 100 %, sedangkan untuk hasil, nilai rata-rata kelas pada
studi awal 54 pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74, selanjutnya pada siklus II nilai
rata-rata juga meningkat lagi menjadi 81.

Full Text:

PDF

References


Ali, M., Prawening, C., & Samiaji, M. H. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh

Program Kesetaraan Paket C di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 107-

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Irianto, S. (Ed.). (2012). Otonomi perguruan tinggi: suatu keniscayaan. Yayasan Pustaka

Obor Indonesia.

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang

sistem pendidikan nasional.

Saputra, W. N. E., Wahyudi, A., Supriyanto, A., Muyana, S., Rohmadheny, P. S., Ariyanto, R.

D., & Kurniawan, S. J. (2021). Student Perceptions of Online Learning during the

COVID-19 Pandemic in Indonesia: A Study of Phenomenology. European Journal of

Educational Research, 10(3), 1515-1528.

Saputra, W. N. E., Supriyanto, A., Kurniawan, S. J., Beladina, S. S., Astuti, B., & Ayriza, Y.

(2020). Konsep kedamaian diri remaja pada masa pandemi COVID-19. In Webinar)

Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1, pp. 172-177).

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional

competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal

Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64


Refbacks

  • There are currently no refbacks.