Identitas komunikasi Gay di media sosial Tinder

Arnold Andhika Maulana Yusuf, Vinisa Nurul Aisyah

Abstract


Riset ini memiliki tujuan guna mengetahui bagaimana identitas komunikasi gay di tinder yang tinggal di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori identitas komunikasi milik Michaael Hecht. Riset ini memakai metode kualitatif deskriptif dengan paradigma positivisme. Pengumpulan data dilaksanakan lewat data primer berupa wawancara mendalam dan data sekunder melalui studi pustaka. Analisis data akan dilakukan dengan analisis identitas oleh Hecht sehingga hasil penelitian akan mengelompokkan informan dalam empat lapisan berupa personal, enectment, relational, dan komunal. Pengalaman, lingkungan keluarga menjadi layer yang tertutup akan identitas gay informan. Sebaliknya, enactment dan relational melalui media tinder menjadi ruang ekspkoari dimana informan tanpa menutupi identitasnya. Dalam layer komunal, kontrol sosial dari agama dan masyarakat membuat informan untuk menarik diri dan ingin berubah.


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (E. D. Lestari (ed.); 1st ed.). CV Jejak Publisher.

Fazriah, A. (2020). Presentasi Diri Kaum Gay di Kabupaten Cirebon. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.

Griffin, R. W. (2015). encyclopedia of communication theory. In Wiley Encyclopedia of Management. https://doi.org/10.1002/9781118785317.weom110113

Hasanah, Ch. D. U. (2019). Hubungan Faktor Trauma Masa Lalu dengan Status Mental Beresiko Gangguan Psikosis pada Remaja Akhir di DKI Jakarta. Universitas Airlangga.

Hecht, M. L. (2004). Elaborating the communication theory of identity: Identity gaps and communication outcomes. Communication Quarterly, 52(3), 265–283. https://doi.org/10.1080/01463370409370197

Hidayat, T. (2017). Gaya Hidup LGBT di Tengah Masyarakat Kota Banda Aceh. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2).

Hyoscyamina, D. E. (2012). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Journal of Psikology, 10(2), 144–152. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152

Ichsan, M. N. (2020). Negosiasi Identitas Komunikasi pada Keluarga Multireligi (Islam-Buddha) dalam Membangun Hubungan Sosial Harmonis (Studi Kualitatif di Dusun Wiloso Desa Girikarto Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta). Universitas Negeri Surakarta.

Idaman, N., & Kencana, W. H. (2021). Identitas Virtual Remaja Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1–9.

Ilham. (2022). Fatwa Majelis Tarjih Tentang LGBT. Https://Muhammadiyah.or.Id/.

Kilamanca, D. F. (2010). Hubungan Antara Kebutuhan Afiliasi Dan Keterbukaan Diri Dengan Intensitas Mengakses Situs Jejaring Sosial Pada Remaja. Universitas Negeri Surakarta.

Kriyantono, R. (2006). riset praktis (G. Azmi (ed.); 1st ed.). kencana.

Kuiper, K. (2021). Communication Theory of Identity: a fifth frame. Media and Communication, 45, 175–187. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/23808985.2021.1976069

Kusumaningrum, R. (2012). Pemaknaan Identifikasi Simbol Verbal Dan Non Verbal Pada Kaum Lesbian (Studi Deskriptif Identifikasi Simbol Verbal dan Non Verbal Pada Kaum Lesbian Butch di Surabaya). Universitas Pembangunan Nasional Surabaya.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2013). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.

Pradhuka, B. N. (2020). Identitas Komunikasi Selebgram Mimi Peri dan Penerimaan Followers (Analisis Isi Kualitatif Akun Instagram @mimi.peri). Universitas Negeri Surakarta.

Putra, B. J. (2022). Persepsi Muhammadiyah dan NU Terhadap LGBT. Al-Ahkam: Jurnal Syariah Dan Peradilan Islam, 2(1).

Rasyid, D. I. Al. (2022). Analisis Identitas Komunikasi Cosplayer di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, A. C. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal Sastra, 1(1), 1–9.

Siwi, D. R., & Febriana, P. (2022). Hyperreality dan Self Disclosure Kaum Homoseksual di Twitter. Jurnal Nomosleca, 8(1), 66–80. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.7325

Smythies, J. R. (2008). Requiem For The Identity Theory. Journal of Philosophy, 37(3), 311–329. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00201749408602356

Sudarma, I. B. (2018). Sifat dan Sanksi Sebagai Sarana Kontrol Sosial. Journal of Social Control, 13(1), 27–32. https://doi.org/1978 - 0982

Sugiono. (2019). metode penelitian kuantitatif (Setiyawami (ed.); 2nd ed.). alfabeta.

Thompson, T. (2014). Communication Theory of Identity. Encyclopedia of Health Communication, January 2019, 225–227. https://doi.org/10.4135/9781483346427.n85

Uyun, Z. Q. (2021). Narasi Kuasa Konten Homoseksual di Media Sosial “ Wattpad .” 11(2).

Widiastuti, T. (2019). Representasi Identitas Virtual Dalam Konteks Etnografi di Sosial Media Grindr (Vol. 7, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.11806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.