Peran teknologi informasi dan komunikasi pada portal Banggai satu data sebagai layanan informasi publik bagi masyarakat Kabupaten Banggai

Adindha Nurhalifah Pusadan, Suanti Tunggala, Ken Amasita Saadjad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Portal Banggai Satu Data dalam layanan informasi publik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif dengan penjelasan secara deskriptif. Dalam proses pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara signifikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat berperan pada pengelolaan Portal Banggai Satu Data. Portal ini telah melaksanakan indikator Teknologi Informasi dan Komunikasi berdasarkan teori Muslihudin dan Oktavianto yaitu terdiri dari hardware, software, data, prosedur, dan manusia. Maka dari itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Portal Banggai Satu Data terlaksana dengan sangat baik.


Full Text:

PDF PDF

References


Irwansya, Edy dan Jurike V. Moniaga. 2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta.

Kadiman, Kusmayanto. 2006. “Buku Putih Teknologi Informasi Dan Komunikasi.”

Oktafianto, dan Muhammad, and Muslihudin. 2016. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML - Muhamad Muslihudin, Oktafianto - Google Buku.” Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan Uml 11.

Rusmana, R. K. Anwar &. 2017. “komunikasi digital berbentuk media sosial dalam meningkatkan kompetensi bagi kepala, pustakawan, dan tenaga pengelola perpustakaan sekolah / madrasah di desa kayu ambon, kecamatan lembang kabupaten bandung barat.”

Sugiyono. 2018. Metode Penenlitian. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.11936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.