Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Memperkenalkan Gadget Terhadap Anak

Wahyu Setyo Prabowo, Sidiq Setyawan

Abstract


Media digital merupakan alat digital yang tidak dapat dipisahkan dalam masyarakat saat ini. Dewasa dan anak-anak sudah sering berinteraksi dengan media digital, media digital yang umum digunakan adalah smart phone. Dalam penggunaan smartphone, ada bahaya jika anak diberikan tanpa mengetahui batas penggunaannya. Penting bagi orang tua untuk memberikan beberapa aturan dan batasan, serta menegakkannya saat anak mereka menggunakan smartphone. Ada beberapa kendala bagi orang tua sebagai wali anaknya untuk melindunginya dari konten-konten berbahaya yang dapat merusak tumbuh kembang anaknya. Bimbingan orang tua wajib untuk penggunaan smartphone pada anak-anak. Dengan demikian, penelitian ini terdiri dari 4 informan yaitu 2 ibu dan 2 ayah, dengan menggunakan metode wawancara mendalam terstruktur untuk mencari jawaban yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh peneliti, data kualitatif kemudian dianalisis secara interaktif, yang dilakukan terus menerus hingga ditemukan titik jenuhnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua sangat protektif terhadap penggunaan smartphone anaknya, hal tersebut dikarenakan mereka merasa anak belum bisa dipercaya untuk bebas menggunakan smartphone, oleh karena itu orang tua memberikan pantangan atau aturan yang harus dipatuhi oleh anak.

Full Text:

PDF PDF

References


Adikara, G. J., Kurnia, N., Adikara, G. J., Kurnia, N., Adhrianti, L., Astuty, S., Wijayanto, X. A., Desiana, F., & Astuti, S. I. (2021). Aman bermedia digital.

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78.

Ariyanti Novelia Candra, Ari Sofia, G. F. A. (2017). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini. 3(2).

Chusna, P. A. (2021). Pengaruh Media Gadget pada perkembangan karakter anak. 315–330.

Dewi, A. (2020). LAPORAN RESUME PERKEMBANGAN ANAK DARI BUKU “CHILD DEVELOPMENT” KARYA JOHN W. SANTROCK.

Fatimah. (2020). Digital Literacy and Its Relationship to Early Childhood Behavior in PAUD Literasi Digital dan Hubungannya Terhadap Perilaku Anak Usia Pendahuluan. 9(1), 28–32.

Gunawan, H. (2013). JENIS POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN. 1(3), 218–233.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Jiu, C. K., Pratama, K., Pradika, J., Hartono, & Erwhani, I. (2022). Pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini selama masa pandemi covid-19. 7(2), 167–180.

Juliansyah, M. A. (2020). Makna dan Alasan Dibalik Orang Tua Memberikan Fasilitas Gadget Kepada Anak Usia Dini. 2(2), 20–34.

Livingstone, S., Mascheroni, G., & Dreier, M. (2015). How parents of young children manage digital devices at home : The role of income , education and parental style. September.

Mascheroni, G., Ponte, C., & Jorge, A. (2018). DIGITAL PARENTING The Challenges for Families in the Digital Age. In DIGITAL PARENTING The Challenges for Families in the Digital Age (Issue Yearbook 2018).

Paramitha, A. (2020). Komunikasi efektif komunitas rumah baca dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di dusun Kanoman. COMMICAST, 1(1), 1. https://doi.org/10.12928/commicast.v1i1.2408

Pratiwi, M. R., Indrayani, H., & Amalia, S. (2020). Optimasi Pola Pengasuhan Digital dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 76. https://doi.org/10.33021/exp.v3i1.1012

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. 2(2), 267–289.

Sonia Livingstone, ; Daniel Kardefelt-Winther.Marium Saeed. (2019). GLOBAL KIDS ONLINE Comparative report. UNICEF.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (3rd ed.). Alfabeta.

Sundus, M. (2018). Journal of Depression and Anxiety The Impact of using Gadgets on Children. 7(1), 1–3. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Topper, C., & Topper, C. (2017). “Parental Perception of Mobile Device Usage in Children and Social Competency.”




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.