Strategi media relations humas kabupaten Pati dalam melaksanakan publisitas

Shofi Majid Abiyyi, Nieldya Nofandrilla

Abstract


Humas dalam lembaga pemerintahan memiliki peranan yang krusial bagi masyarakat umum, karena Humas menjadi portal informasi bagi masyarakat maupun sebaliknya. Dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat maupun kepada media Humas pemerintah daerah juga harus tepat,cepat serta akurat karena untuk mengukur apakah kebijakan pemerintah daerah sudah tepat dan juga sebagai tolak ukur pengambilan kebijakan pemerintah daerah . Dalam prakteknya Humas Kabupaten Pati menjadikan Humas untuk jembatan informasi dari masyarakat serta media. Pemda Kabupaten Pati memberikan tugas Humasnya untuk menyebarkan informasi lewat media massa maupun social media. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis deskriptif kualitatif dimana menjelaskan strategi relasi media dari Humas Kabupaten Pati guna mengolah informasi dari internal Pemda maupun masyarakat umum untuk melaksanakan fungsi publisitas. Sumber data penelitian ini dari beberapa narasumber. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi dan  juga wawancara. Analisis data penelitian ini lewat beberapa tahap yaitu mengumpulkan informasi, reduksi data, penyajian lalu menarik kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah strategi relasi media dari Humas Kabupaten Pati dalam menjalankan publikasi terbagi menjadi tiga fungsi. Fungsi fungsi itu adalah fungsi menjadi Humas, fungsi melakukan relasi media, dan fungsi untuk menjalankan publikasi informasi. Humas Pemda Kabupaten Pati menjadikan publikasi informasi atau publisitas adalah hal yang penting, dikarenakan hal tersebut dapat membuat citra positif pemerintah daerah. Sedang komunikasi yang terjalin antara Humas Kabupaten Pati dengan media berguna untuk mendapatkan kesamaan pendapat dan rasa saling pengertian.  

Full Text:

PDF

References


Agusti, R., & Anggoro, A. D. (2021). Analisis media relations dinas Kominfo kabupaten Ponorogo (studi tentang kesesuaian isi press release pemberitaan Covid-19 di Ponorogo pada media massa). COMMICAST, 2(2), 133–138.

Andjani, M. D. (2009). Media Relations Sebagai Upaya Pembentuk Reputasi Organisasi. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 45(119), 57–72.

Fadillah, D. (2019). SOCIAL MEDIA AND GENERAL ELECTION IN SOUTHEAST ASIA (MALAYSIA 2018 AND INDONESIA 2019). Jurnal Komunikasi: Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.25008/jkiski.v4i1.255

Fadillah, D., Nuryana, Z., Sahuddin, M., & Hao, D. (2019). International-Cultural Communication of the Saman Dance Performance by Indonesian Students in Nanjing. International Journal of Visual and Performing Arts, 1(2). https://doi.org/10.31763/viperarts.v1i2.70

Fahri, M.-5256-1-P. pdfhamma. E., & Unde, A. A. (2018). DI ERA KETERBUKAAN INFORMASI PADA SEKERTARIAT DPRD PROVINSI SULAWESI TENGAH Analysis of Government Public Relations Role and Function in Global Information Era at Legislative House Central Sulawesi Province. Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 175–183.

Hall, T. (2017). Media Relations in a Changing Media Landscape : A Study of Interviews with Public Relations Practitioners.

Haryanti, S., & Rusfian, E. Z. (2019). Government Public Relations and Social Media: Bridging the Digital Divide on People with Social Welfare Problems. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 22(2), 128. https://doi.org/10.22146/jkap.34602

Hidayat, D., Gustini, L. K., & Dias, M. P. (2020). Digital Media Relations Pendekatan Public Relations dalam Menyosialisasikan Social Distancing di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 257. https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3575

Khairina, S. L., & Saleh, A. (2021). The role of the ambassador of The BKKBN planning generation in socializing the Family Planning Program in North Sumatera. COMMICAST, 3(1), 153–157. https://doi.org/10.12928/commicast.v3i1.3509

Kriyantono, R. (2019). Research Strategies and Media Relations in Public Relations Practices. Jurnal Komunikatif, 8(2), 178–190. https://doi.org/10.33508/jk.v8i2.2287

Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 51–60.

Mulyadi, A. (2017). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Sukabumi Dalam Menjalin Relasi Dengan Media. Jurnal Ilmiah UMMI, XI(03), 45–50.

Nurudin. (2007). Menuju Era Komunikasi Massa. Pengantar Komunikasi Massa.

Pratiwi, N. E., Mayopu, R. G., & Huwae, G. N. (2015). Aktivitas Media Relations Humas Setda Kota Salatiga dalam Membentuk Berita Positif. Jurnal ASPIKOM, 2(5), 330. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i5.85

Putra, F. D., & Smolek, S. (2020). Peace language and conflict resolution in harmony communication. International Journal of Communication and Society, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.31763/ijcs.v2i2.134

Raharjo, R. S. (2005). Latar Belakang Media Relations Di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif Terhadap Kegiatan Media Relations Tvri Yogyakarta Dan Jogja Tv). 09, 27–36.

Ruslan, R. (2018). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. In Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi.

Setiyawan, Y. (2017). STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN DALAM MELAKSANAKAN PUBLISITAS (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Media Relations Humas Pemerintah dalam Melaksanakan Publisitas di Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupat. 1–14.

Utami, N. T. (2022). The role of social media instagram community to tourism promotion in Baubau city. COMMICAST, 3(1), 67–74.

Vivian, J., Zarrella, A., Emmi, G., & De Carli, M. (2017). An evaluation of the suitability of lumped-capacitance models in calculating energy needs and thermal behaviour of buildings. Energy and Buildings, 150, 447–465. https://doi.org/10.1016/j.enbuild.2017.06.021

Wahyudi, D., & Adhani, A. (2021). Public relations campaign strategy PT. Pelindo 1 in socializing the Porting Business. Commicast, 2(1), 71. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i1.3151

Wahyuni, I., & Anshori, A. (2021a). Student response of Medan State University to independent campus discussion. Commicast, 2(2), 110. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i2.3352

Wahyuni, I., & Anshori, A. (2021b). Student response of Medan State University to independent campus discussion. COMMICAST, 2(2), 110–116.




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.