Pengaruh Instagram marketing terhadap keputusan pembelian produk Jogjasoftlens

Wisna Rahana Harahap, Muhammad Thoyib Amali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Instagram marketing terhadap keputusan pembelian produk Jogjasoftlens. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SOR (Stimulus-Organisme-Respon)  yang melihat bahwa setiap komunikan yang menerima rangsangan akan terpengaruh untuk mengubah sikapnya. Konsep tentang Instagram marketing dan keputusan pembelian juga digunakan untuk membangun variabel-variabel yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan data primer yang dikumpulkan dari kuesioner yang telah dibagikan kepada 400 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan tujuan agar sampel yang ada merupakan representasi dari populasi, di mana populasi dari subjek penelitian yang ada di dalam penelitian ini adalah keseluruhan pengikut akun Instagram @jogjasoftlens yang berjumlah 19100 akun. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis (uji-t) dan uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS. Uji validitas dan reliabilitas juga dilakukan untuk memastikan bahwa kuesioner yang digunakan merupakan instrumen yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni ada  pengaruh Instagram marketing terhadap keputusan pembelian produk Jogjasoftlens, sedangkan besaran pengaruh Instagram marketing menunjukkan angka pengaruh sebesar 26%yang berarti sisanya sebesar 74% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, A. (2019, February 27). Kominfo: Pertumbuhan "E-Commerce" Indonesia Capai 78 Persen. Diakses January 2022, dari Antarajatim: https://jatim.antaranews.com/berita/279786/kominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesia-capai-78-persen

Deslia, I. F., Amali, M. T., & Ulfah, M. (2022). The New Face of Malioboro Street Vendors: an Analysis of Instagram @terasmalioboro_2 as a Marketing Communication Medium. Proceedings Of International Conference On Communication Science, 2(1), 383-392. https://doi.org/10.29303/iccsproceeding.v2i1.56.

Dewi, N. M., Imbayani, I. G., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2), 28-42.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Eroglu, S. A., Machleit, K. A., & Davis, L. M. (2003). Empirical Testing of a Model of Online Store Atmospherics and Shopper Responses. Psychology & Marketing, 20(2), 139-150. https://doi.org/10.1002/mar.10064.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. New York: McGraw Hill.

Kanuk, S. (2008). Perilaku Konsumen. Bandung: Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managament. London: Perason Education Ltd.

Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Lisarini, E., & Lazuardi, A. (2021). Efektivitas Penyampaian Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Negri Kopi Sarongge. AGROSCIENCE, 11(1), 44-57. https://doi.org/10.35194/agsci.v11i1.1430.

Morissan, A. C., & Hamid, F. (2010). Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1097-1103.

Narayana, K. G., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1962-1982. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p16.

Narottama, N., & Moniaga, N. E. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8(2), 741-773. https://doi.org/10.24843/JUMPA.2022.v08.i02.p19.

Shim, J. P., Shin, Y. B., & Nottingham, L. (2022). Retailer Web Site Influence on Customer Shopping: Exploratory Study on Key Factors of Customer Satisfaction. Journal of the Association for Information Systems, 3(1), 53-76. http://dx.doi.org/10.17705/1jais.00023.

Sholihin, R. I. (2021, July 26). Pengaruh Pemasaram Media Sosial, Kesadaran Merek, Electronic Word Of Mouth, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eboni Watch. Diakses January 2022, dari Undergraduate Thesis Universitas Islam Indonesia: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35873

Strauss, J., Frost, R., & Sinha, N. (2014). E-Marketing. New Jersey: Perason.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Umaya, F., Faturochman, Hadipranata, A. F., & Etseem, M. B. (2015). Penyesalan Keputusan Konsumen Berdasarkan Faktor Rekomendasi dan Kredibilitas Informasi. JURNAL PSIKOLOGI, 42(3), 217-230. https://doi.org/10.22146/jpsi.9910.

Weinberg, T. (2009). The New Community Rules: Marketing on the Social Web. California: O'Reilly.

Zarella, D. (2011). The Social Media Marketing Book. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Zulfikar, A. R., & Mikhriani. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Trust Pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 279-294.




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.