Peran media digital dalam meningkatkan komunikasi dan partisipasi politik masyarakat

Falimu Imu

Abstract


Media digital membuka ruang komunikasi dan partisipasi politik dalam masyarakat dengan memperbesar kemungkinan interaksi antara elemen-elemen pentingnya, baik elit dan warga negara atau partai non-elit dan lembaga negara. Dalam perkembangannya, komunikasi visual tidak hanya digunakan untuk sekedar desain seni ataupun hiburan semata. Karena pada kenyataannya, komunikasi visual juga seringkali digunakan oleh pelaku politik untuk menyampaikan pesan yang berisikan kepentingan dan manfaatnya bagai masyarakat luas melalui iklan politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran media digital dalam meningkatkan komunikasi dan partisipasi politik masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi pustaka. Analisis data diawali dengan mencatat hasil temuan di lapangan, mengumpulkan data, memilih dan memilah data, mengklarifikasi, membuat ikhtisar, dan memaknai data yang telah ditemukan Media digital memiliki peran baik dalam meningkatkan komunikasi dalam partisipasi politik

Full Text:

PDF

References


Ahmad suryadi. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I.

Aji, W.N., & Budiyono, S. (2018). The Teaching Srategy of Bahasa Indonesia in Curriculum 2013.

Asrori, I., & Ahsanuddin, M. (2015). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV Bintang Sejahtera.

Budiardjo, M. (2003). Dasar-dasar ilmu politik. Gramedia pustaka utama.

Damsar. (2010). Pengantar Sosiologi Politik.

Darmawan, F. (2018). Modalitas Visual Komunikasi Politik Iklan Pilkada Kota Bandung 2018. Jurnal Komunikasi, 11(1), 56–65.

Easton, D. (1957). An approach to the analysis of political systems. World Politics, 9(3), 383–400.

Hadari, N. (1993). Metodologi Penelitian Bidang Sosial.

Hasfi, N. (2019). Komunikasi Politik Di Era Digital. POLITIKA, 10(1).

Huntington, S. P., & Nelson, J. (1994). Partisipasi politik di negara berkembang.

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2018). KEHADIRAN MEDIA BARU ( NEW MEDIA ) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK Studi Ilmu Politik , Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran ” Jakarta ; 2 Program Studi Ilmu Politik Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara ( STIP-AN ). Medium, 8(1), 11–17.

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). Kehadiran media baru (new media) dalam proses komunikasi politik. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 8(1), 1–17.

Li, N., Susanto, H., Cemlyn, B., Henning, I. D., & Adams, M. J. (2017). Secure communication systems based on chaos in optically pumped spin-VCSELs. Optics Letters, 42(17), 3494–3497.

McNair, B. (2017). An introduction to political communication. Routledge.

Moleong, L. J. (2017a). Metode Penelitian Kualitatif.

Moleong, L. J. (2017b). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 102–107.

Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Nimmo, D. (2000). Komunikasi Politik Khalayak dan Efek, edisi ke-2. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nimmo, D. (2020). The political persuaders. Routledge.

O’Hear, A., & Clark, P. (1995). Karl Popper: philosophy and problems (Vol. 39). Cambridge University Press.

Prasetyo, D. (2019). Memahami Masyarakat dan Perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 163–175.

Sari, A. K., Sari, S., & Risdiyanto, B. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA SOSIAL PEMBERITAAN KASUS KORUPSI E-KTP DI SITUS LIPUTAN6. COM. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 4(1).

Siahaan, S. M. G. P., Hia, N., Laia, M. N. I., & Harefa, M. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN PUBLIC SPEAKING DOSEN DAN MAHASISWA DIPLOMA KESEKRETARIATAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(2), 332–342.

Van Dijk, T. A. (2013). News as discourse. Routledge.

Wahyuni, N. M., & Sara, I. M. (2020). The effect of entrepreneurial orientation variables on business performance in the SME industry context. Journal of Workplace Learning.




DOI: https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.