Strategi Tabungan Prioritas Dalam Meningkatkan Nasabah Prioritas Di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Anita Sholih Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah nasabah prioritas di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, untuk mengetahui tabungan prioritas mampu atau tidak dalam meningkatkan jumlah nasabah prioritas di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pegawai/karyawan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dan nasabah sebanyak 7orang, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa strategi tabungan prioritas yang dijalankan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan adalah strategi marketing mix yaitu salah satunya dengan promosi melalui media radio, promosi langsung, terjun kelapangan serta sosialisasi. Strategi tersebut telah mampu meningkatkan jumlah nasabah prioritas dan menjadikan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan menjadi Bank Sumut Syariah peringkat kedua dengan jumlah nasabah prioritas terbanyak.


Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Mitra Wacana Media.

Ascarya. (2013). Akad dan Produk Bank Syariah. CV Pustaka Setia.

Budi Gautama Siregar. (2017). Strategi Bersaing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1).

Herman Darmawi. (2012). Manajemen Perbankan. Bumi Aksara.

Hasil wawancara dengan Sutan Ritonga sebagai Cutomer Service Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, Selasa, 28 Januari 2020 pukul 12: 15 WIB

Hasil wawancara dengan Bapak Yudi Prasetyo selaku wakil pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan pada tanggal 17 Juni 2020 pukul 13:35 WIB

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Mitra Wacana Media.

Ascarya. (2013). Akad dan Produk Bank Syariah. CV Pustaka Setia.

Budi Gautama Siregar. (2017). Strategi Bersaing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1).

Herman Darmawi. (2012). Manajemen Perbankan. Bumi Aksara.

Hasil wawancara dengan Sutan Ritonga sebagai Cutomer Service Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, Selasa, 28 Januari 2020 pukul 12: 15 WIB

Hasil wawancara dengan Bapak Yudi Prasetyo selaku wakil pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan pada tanggal 17 Juni 2020 pukul 13:35 WIB

Hasil wawancara dengan Ibu Rosima Ritonga selaku Funding Officer PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan pada tanggal 16 Juni 2020 pukul 16:35 WIB

Hasil wawancara dengan Bapak Sutan Ritonga selaku Customer Service di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan pada tanggal 16 Juni 2020 pukul 15:40 WIB

http://www. Bank Sumut.com., diakses pada tanggal 7 Juni 2019 pukul 14:30 WIB

Ita Nurkhofifah. (2017). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa-Journal Of Islamic Studies, 4(1).

Muhardi. (2013). Strategi Operasi Untuk Keunggulan Bersaing. Graha Ilmu.

Sony Koeswara, M. (2018). Analisis Besarnya Pengaruh Kinerja Pelayanan (Service Performance) Frontliner dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Prioritas PT. BCA Tbk, Cabang Permata Buana Dengan Pendekatan Metode Regresi Linear Multiple. Jurnal PASTI, 9(1).

Undang Undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah

Wardiah, M. L. (2017). Dasar Dasar Perbankan. CV Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.