MENENTUKAN STRATEGI PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN

Emil Salim, Winda Afriyenis

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk merumuskan strategi dalam upaya peningkatan dan pengembangan minat kunjungan wisatawan objek wisata Danau Kembar Sumatera Barat. keunikan dan keterbaharuan dalam Penelitian ini adalah terletak pada objek penelitian yang digabungan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta alat analisis perumusan strategi yaitu analisis SWOT dan rule asosiasi algoritma. Dari hasil pengujian rule asosiasi Apriori, didapat 1 rule asosiasi yang terbentuk. Maka terbentuklah pola asosiasi yang dalam hasil pengujian menggunakan nilai minimum support sebesar 30% dan nilai minimum sebesar confidence 70% yang dapat menghasilkan 1 aturan rule asosiasi. Dan strong rules tertinggi didapatkan pada rule asosiasi J → P dengan nilai support 40% dan nilai confidence 90%. 1.Artinya pengelola yang merumuskan strategi WO bersamaan dengan Strategi WT adalah sebanyak 40% dari semua traksaksi pembelian tersebut. Dan tingkat kebenaran bahwa  pengelola yang merumuskan strategi WO bersamaan dengan Strategi WT adalah 90%.


This research aims to formulate a strategy in an effort to increase and develop the interest in tourist visits of the Twin Lake tourist attraction in West Sumatra. The uniqueness and novelty of this research is that it is the object of research that is combined using qualitative and quantitative approaches and analysis tools for strategy formulation, namely SWOT analysis and algorithm association rules. From the results of the Apriori rule association test, 1 association rule is formed. Then an association pattern is formed which in the test results uses a minimum support value of 30% and a minimum value of 70% confidence which can produce 1 association rule rule. And the highest strong rules are found in the association rule J → P with a support value of 40% and a confidence value of 90%. 1. This means that the leader who formulates the WO strategy together with the WT Strategy is as much as 40% of all the purchase transactions. And the level of truth that the leader who formulates the WO strategy together with the WT Strategy is 90%.


Full Text:

PDF

References


Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 2(1), 43-57.

Andriani, Rian, and Rikrik Fatimah. 2018. "Experiential Marketing Strategy as An Approach Method in Increasing Revisit Intention of Tourists in the Word of Garut." Journal of Scientific Studies 18 (3): 2016.

Brahmanto, Erlangga, Hary Hermawan, and Faizal Hamzah. 2017. "Malakasari Stone Village Development Strategy as a Power." Journal of Tourism Media 15 (2): 588–600.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Darmawan, A. (2016). Penerapan Data Mining Menggunakan Association Rules Untuk Mendukung Strategi Pemasaran. Jurnal Teknologi Informasi Magister, 1(01), 17-32.

Darsiharjo, D., & Kastolani, W. (2016). Strategi Pengembangan Wisata Minat Khusus Arung Jeram di Sungai Palayangan. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 13(1).

David, M. E., David, F. R., & David, F. R. (2009). The Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) applied to a retail computer store. The Coastal Business Journal, 8(1), 42-52.

Dayyan, M., Fahriansah, F., & Juprianto, J. (2017). ANALISIS MINAT MASYARAKAT MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI GAMPONG PONDOK KEMUNING). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEBI IAIN LANGSA, 1(1), 1-19.

Delita, Fitra, Elfa Yetti, and Tumiar Sidauruk. 2017. "Swot Analysis for the Strategy of Developing.

Fitri, F., & Bambang, B. S. (2016). STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO. DERIVATIF [Jurnal Manajemen], 10(2).

Holy, Sunan. 2014. "Factors Related to Interest in Antenatal Service Visit in the Midwifery Polyclinic of Islamic Hospital Sunan Kudus." Factors Related to Interest in Antenatal Revisit in the Midwifery Polyclinic of Islamic Hospital Sunan Kudus 2 (2): 1–15.

Indahyahni, R. P. (2015). Penggunaan Algoritma Apriori untuk Menentukan Rekomendasi Strategi Penjualan pada Toserba DIVA.

Ismanto, K. (2018). Literasi Masyarakat dan Dampaknya terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.

Martina, Sopa et al. 2013. "Tourism Product Innovation Strategy in an Effort to Increase Interest in Visiting Tourists to Grama Tirta Jatiluhur Purwakarta." Junal Khasanah Ilmu 4 (2): 57–71.

Mu’allim, A. (2003). Persepsi Masyarakat terhadap Lembaga Keuangan Syariah. Al-Mawarid Journal of Islamic Law, (10).

Nurmianto, E., Nasution, A. H., & Syafar, S. (2005). Perumusan Strategi Kemitraan Menggunakan Metode AHP dan SWOT (Studi Kasus pada Kemitraan PT. INKA dengan Industri Kecil Menengah di Wilayah Karesidenan Madiun). Jurnal Teknik Industri, 6(1), 47-60.

Qolby, M. L. (2013). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Periode Tahun 2007-2013. Economics Development Analysis Journal, 2(4).

Rahma, Nurida Maulidia. 2015. "Strategies for Increasing Children's Interest in Reading (Studies in Children's Reading Room Public Library and Regional Archives of the City of Malang)." Journal of Public Administration University of Brawijaya Students 3 (5): 763–69.

Rahmawaty, A. (2014). pengaruh persepsi tentang bank syariah terhadap minat menggunakan produk di BNI Syariah Semarang. Jurnal Addin, 8(1).

Saaty, T. L. (2008). Decision making with the analytic hierarchy process. International journal of services sciences, 1(1), 83-98.

Salim, E. (2017). Purple Sweet Potato Business Marketing Strategy in Efforts to Improve Marketing Performance in the Patamuan Kito Farmer Group. Ekobistek Journal, 5 (2).

Salim, E. (2019). PENGARUH PENERAPAN PENGGUNAAN SOFTWARE AKUNTANSI (MYOB ACCOUNTING) DALAM UPAYA MEMPERMUDAH DAN MENGEFISIENKAN KINERJA PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN. Jurnal Ekobistek, 8(1).

Santoso, Luqman, (2016), Persepsi Masyarakat Umum terhadap Perbankan Syariah, IAIN Salatiga.

Saputra, Arif Dwi, and Ade Gusti Sariadi. 2019. "Outbound Shaba Marketing Strategy in Increasing Interest in Tourist Visits." 1 (1): 11-

Sondakh, Poppy Margaretith Nivranti, and Altje Tumbel. 2016. "To the Nature Attractions of Mount Mahawu, Tomohon the Influence of Services, Sefety and Attractiveness to Attract Tourist Who Visited Mahawu Volcano Mountain in Tomohon City." Journal of Scientific Efficiencies 16 (01): 280–88.

Specifically, Interest Tourism, Rafting, and Sungai Palayangan. 2016. "Strategy for Developing Special Interest Tourism for Rafting on the Palayangan River." Strategies for Developing Special Tourism for Rafting on the Palayangan River 13 (1): 24–35.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D

Tjoe, T. F., & Sarjono, H. (2010). Strategi Bisnis pada PT CTL dengan pendekatan metode TOWS. Binus Business Review, 1(2), 434-447.

Tourism Objects for Nausea Bathing in Pematang Bandar District, Simalungun Regency." Journal of Geography 9 (1): 41.

Utami, D,A,R (2017), Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat menabung di Bank Syariah, Universitas Sunan Kalijaga.

Wahyuni, Binti, (2018), Pengaruh Keimanan dan Altruisme Sosial (Kepekaan Sosial) Terhadap Partisipasi Berinfak Jama'Ah Musholla Al - Amin, IAIN Ponorogo.

Wijayani, D. R. (2017). Effect of Intellectual Capital on Financial Performance of Public Companies in Indonesia (Empirical Study of Manufacturing Companies on the Indonesia Stock Exchange 2012-2014). Airlangga Accounting and Business Research Journal, 2 (1).

Wijayani, D. R. (2017). Kepercayaan Masyarakat Menabung pada Bank Umum Syariah. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(1), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.