ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Yuli Tri Cahyono, Dwi Rahma Yuniasih

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dewan komisaris dan kepemilikan institusional. Pengungkapan CSR pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 2015-2017. Jenis penelitian ini dalam penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil secara purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap kebijakan CSR, sedangkan profitabilitas, leverage, dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.


Penelitian ini dilakukan dengan  tujuan  untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan,  profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan CSR  pada  perusahaan  yang terdaftar di JII periode 2015-2017. Jenis penelitian  ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah  sebanyak 33 perusahaan.  Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil  dengan  metode  purposive sampling.  Analisis  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  analisis  linier  berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris  berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR, sedangkan profitabilitas, leverage  dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.


Full Text:

PDF

References


Agus, Sartono. 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. BPFE. Yogyakarta.

Amalia, Dewi. 2013. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclousure Di Bursa Efek Indonesia,” Media Riset Akuntansi, ISSN:2088-2106, Vol. 3No.1: pp.34-37.

Arifin. 2005. Teori Keuangan Pasar Modal. Yogyakarta: Ekosinia.

Brigham, Eugene F. dan Joel F.Houston, 2009. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Buku Satu, Edisi Kesepuluh, Alih Bahasa Ali Akbar Yuliyanto. Jakarta: Salemba Empat.

Chariri, Anis dan Imam Ghozali. 2005. Teori Akuntansi. Semarang: UNDIP.

Effendi, Muh. Arif. 2009. The Power ofrCorporate Governance: Teori dan Implementasi.

Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Fraser, L.M dan Ormistoon, A. 2008. Memahami Laporan Keuangan Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang.

Hackston David dan Marcus J. Milne. 1996. Some Determinants of Social and Environmental Discloussure in New Zealand Companies. Accounting, Auditingand Accountability Journal. Vol.9, No. 1, p.77-108.

Hadi, Nur. (2011). Corporate Social Responsibility.Ed. 1th. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Analisis Krisis Atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Jogiyanto. 2007. Sitem Informasi Keprilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset. Kasmir. (2008). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurianingsih, Heni Triastuti. 2013.”Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, Vol. 13 No.1. Maret.

Munawir. 2004. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke-4, Liberty, Yogyakarta. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2004. Peryataan StandarAkuntansi Keuangan (PSAK).

Jakarta: Salemba Empat.

Oktiarini, Ni Wayan. Sri Putu Ni Hata Mimba. (2014).”Pengaruh Karakteristik dan Tanggungjawab Lingkunganm Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. ISSN:2302-8556:402-418.

Pradnyani, I Gusti Agung Arista dan Sisdyani, Eka Ardhani. 2015. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.” E-Jurnal Universitas Udayana, ISSN: 2302-8556, p:384-397.

Rani, Puspita dan Sari, Widya Novita. 2015. “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Return On Assets (ROA) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, ISSN: 2252-7141, Vol. 4 No.1.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainbility. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiono, Arif,. Et al. (2009). Akuntansi dan Pelaporan Keuangan untuk Bisnis Skala Kecil dan Menengah. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2008.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi (8th ed). Yogyakarta: Ekonisia.

Syamsyudin, L. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rajagarfindo Persada.

Trisnawati, Rina. 2014.“Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Kepemilikan Manajerial terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Industri Perbankan di Indonesia”, Seminar Nasional and Call For Paper 2014, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS. Juni.

Untung, Hendrik Budi. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika. Wahidahwati. 2002. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada

Kebijakan Hutang Perusahaan: Sebuah Perspektif Theory Agency,” Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 5, No.1, Januari: Hal: 1-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.