Anteseden Kepuasan Pelanggan Atas Jasa Transportasi Online Gojek Di Kota Yogyakarta

Gusti Ayu Aryanti, Lu’lu’ Nafiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan transportasi online gojek di Kota Yogyakarta. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah citra merek, kualitas sistem informasi, harga, dan kualitas layanan, sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 178 responden yang dipilih dengan menggunakan metode convenience sampling. Regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas sistem informasi, harga dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan transportasi online gojek di Yogyakarta.

 

This study aims to find evidence regarding the factors that influence customer satisfaction for gojek online transportation in Yogyakarta. The independent variabels tested in this study are brand image, information system quality, price, and service quality, while the dependent variable used in this study is customer satisfaction. The sample used in this study were 178 respondents selected by using convenience sampling method. Multiple linear regression used to analyze the data. The results showed that brand image, information system quality, price and service quality had a positive effect on customer satisfaction for gojek online transportation in Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Adi, D., Fathoni, A., & Hasiolan, L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan yPromosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. 1–22.

Basbeth, S. (2016). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Indosat IM3.

Laudon, K., & Laudon, P. (2005). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital (Edisi 8). Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta.

Hakim, A., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 24–34.

Indra, Y., Yulianeu, E., & Syaifuddin, T. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. 10.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Krisdayanto, I., Haryono, A., & Gagah, E. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di i Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management, 4(4).

Kurniawan, M. (2019). Analisis Cita Merek, Harga, Pelayanan, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Palembang. 2(2).

Martua, C., & Djati, P. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Makan Mbah Ganis. Jurnal Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara.

Mulyaningsih, L., & Suasana, I. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Ocbc Nisp Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 1–30.

Nasirudin, M., Yulisetiarini, D., & Suroso, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Word of Mouth Perusahaan Conato Di Jember. 68–86.

Prawiranta. H., & Diana. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Gojek di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(4).

Rizkinaswara, L. (2019). Gojek Decacorn Pertama Indonesia.

https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/gojek-decacorn-pertama-indonesia/. Diakses tanggal 20 Agustus 2019.

Rinaldi. A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. 7(2).

Saragih, L. (2018). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Kepusan Pelanggan Grabcar di Kota Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Stie, 26–32.

Suaryana, I., Damayanthi, E., & Merkusiwati, L. (2017). Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 11(2).

Sudjatmiko, T. (2019). Konsumen Lebih Pilih Aplikasi Gojek, Ini Alasannya. KrJogja.com. https://krjogja.com/web/news/read/106006/Konsumen

_Lebih_Pilih_Aplikasi_Gojek_Ini_Alasannya. Diakses 21 agustus 2019

Susilo, H., Haryono, A., & Mukery, W. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Di Hotel Amanda Hills Bandungan. Maharaja Agrasen Institute of Management and Technology Journal of IT & Management, 4(4).

Suwandi, A., & Suroso, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres Di Kantor Pos Bondowoso Dan Situbondo. 14, 68–88.

Widodo, S., Haryani, C., & Haryono, A. (2016). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. 2(2), 1–11.

Wijaya, H. (2018). Terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Sport Yamaha Yzf-R25. 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.