Analisis Strategi Penghimpunan dan Penyaluran Dana untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah di BMT Latansa Gontor Ponorogo

Apriliana Ika Kusumanisita, Lathiefa Rusli

Abstract


BMT merupakan salah satu lembaga perantara keuangan yang memiliki peran penting untuk membangun dan memperbaiki perekonomian Indonesia, yakni dengan cara menyediakan layanan simpan pinjam berdasarkan prinsip syariah dalam bentuk koperasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi penghimpunan dan penyaluran dana di BMT Latansa Gontor Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dengan stakeholder BMT Latansa Gontor Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penghimpunan dana BMT Latansa Gontor dilakukan melalui tiga produk tabungan yaitu Barokah, Mabrur, dan Mahir, sedangkan penyaluran dana dilakukan melalui produk murabahah dan musawamah. Sistem penghimpunan dan penyaluran dana di BMT Latansa Gontor terlaksana secara terpusat oleh Pimpinan Yayasan Pondok Modern Darussalam Gontor, sehingga keputusan dibuat berdasarkan izin dari pihak pondok. Oleh sebab itu, BMT Latansa Gontor dapat meningkatkan jumlah nasabah melalui strategi marketing word of mouth daripada strategi lainnya.


Keywords


Penghimpunan Dana, Penyaluran Dana, BMT Latansa Gontor

Full Text:

PDF

References


-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Annual Conference on IHTIFAZ: Islamic Economic, Finance and Banking(ACI-IJIEFB)

Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191
Telp. (0274) 563515; Fax. (0274) 564604
E-mail : ihtifaz@uad.ac.id