MEDIA MONOPOLI TEMATIK BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS IV SD N BRINGIN 2

Dwi Putriana Naibaho, Lailatul Fitriyah

Abstract


Kualitas pendidikan di tingkat dasar dituntut untuk selalu lebih baik seiring dengan perkembangan dunia. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan penggantian Kurikulum 2013. Pembelajaran kurikulum menggunakan model tematik integratif. Namun, dalam pelaksanaannya masih banyak kendala, salah satunya tidak adanya media tematik. Anak-anak di tingkat sekolah dasar cenderung bermain. Dengan bermain anak-anak akan belajar semakin banyak dan ketika belajar dengan situasi yang menyenangkan, pembelajaran akan lebih efektif. Perkembangan media pembelajaran ini dalam bentuk monopoli tematik berbasis qr code yang bertujuan untuk memberikan media alternatif untuk tingkat sekolah dasar khususnya pada tema organ gerak hewan dan tumbuhan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Reserch and development (R&D) dari Borg & Gall (1983). Data yang diperoleh dari uji coba produk monopoli tematik berbasis qr code bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui nilai pretest dan posttest dari uji lapangan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dokumentasi, diskusi dan konsultasi, wawancara, dan kuesioner. Penggunaan media alternatif ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya padaa tema organ gerak hewan dan tumbuhan.


Keywords


instructional media, qr code-based thematic monopoly, theme of the motion organs of animals and plants.

Full Text:

PDF

References


Andi, Prastowo. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.

Anggani, Sudono. (2000). Sumber Belajar Dan Alat Permainan;Untuk Pendidikan Anak

Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Hasan, Iqsan. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Akasara.

Ismail, Andang. (2009). Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media.

Solekhaq. 2015. Pengembangan Media Monopoli Tematik pada tema “tempat Tinggalku”

Untuk Siswa Kelas IV SD N Babarsari. Yogyakarta: Artikel Jurnal Fakultas Ilmu

Pendidikan UNY.

Zahro, Faimatuz. 2015. Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Untuk

Pembelajaran Membaca Di Kelas IV SD N Lempunyang 1 Yogyakarta.

Yogyakarta: Artikel Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.