PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA 1 UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya referensi buku untuk guru mengajarkan materi matematika dengan permainan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika; dan (2) mengetahui kualitas buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika tema 1 kelas I SD.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah guru kelas I di SD Negeri Kintelan 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prosedur penelitian dan pengembangan buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika menggunakan langkah ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, evaluate; (2) kualitas buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika tema 1 kelas I SD adalah baik dengan skor 4,08 dan memenuhi sepuluh kriteria buku panduan menurut Greene dan Petty, yaitu (1) menarik minat bagi yang mempergunakannya, (2) mampu memotivasi bagi yang memakainya, (3) memuat ilustrasi yang menarik hati bagi yang memanfaatkannya, (4) mempertimbangkan aspek linguistik sesuai dengan kemampuan yang memakainya, (5) memiliki hubungan erat dengan pelajaran lainnya, (6) dapat menstimulasi dan merangsang aktivitas-aktivitas pribadi yang menggunakannya, (7) dengan sadar dan tegas menghindari konsep-konsep yang samar-samar agar tidak membingungkan pemakainnya, (8) memiliki sudut pandang yang jelas dan tegas, (9) mampu memberi pemantapan dan penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa, dan (10) mampu menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para pemakainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan pembelajaran matematika SD. Jakarta: Depdiknas
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional design: The ADDIE appoarch. USA: Springer
Kristiani, Dian 2015. Ensiklopedia negeriku: Permainan tradisional. Jakarta: PT Buana Ilmu
Populer Kelompok Gramedia
Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Peranannya dalam mengembangkan keterampilan
sosial anak. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama
Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi:
Implementasi model ADDIE. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP
Pusat Perbukuan. 2008. Pedoman penulisan buku nonteks: Buku pengayaan, referensi, dan panduan
pendidik. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Runtukahu, Tombokan, dan Selpius, Kandou. 2014. Pembelajaran matematika dasar bagi anak
berkesulitan belajar. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sitepu, B. P. 2012. Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung:
Alfabeta
Sukardjo. 2008. Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY
Tegeh, I Made, Nyoman I, J., dan Ketut Pudjawan. 2014. Model penelitian pengembangan.
Yogyakarta: GRAHA ILMU
Utomo, Asep Purwo Yudi. 2008. Pengembangan buku panduan menulis laporan dengan pendekatan
kontekstual bagi siswakKelas VIII SMP. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.