KAJIAN ETNOLINGUISTIK: EKSISTENSI BAHASA DAERAH DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Muhamad Fakhrur Saifudin, Ganis Amurdawati

Abstract


Bahasa daerah merupakan salah satu sarana dan produk dalam sebuah kearifan lokal.
Bahasa daerah memiliki keterkaitan dalam tatanan hidup dimasyarakat yang berimbas pula
dalam sebuah pembelajaran yang memiliki tempat ekistensinya sendiri. Tujuan penelitian
ini adalah melihat peranan Bahasa daerah dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode
penelitian ini adalah metode studi literatur yang mengkaji buku dan jurnal dalam kerangka
etnolinguistik. Hasil penelitian dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah, sudah
seharusnya pemertahanan bahasa ibu menjadi program utama agar anak-anak memiliki
ketahanan bahasa dari gempuran bahasa asing. Pemertahanan yang dimaksud tidak sekadar
dalam komunikasi di sekolah, melainkan harus terstruktur rapi, terkonsep ilmiah karena
bahasa ibu memiliki keunikan daripada bahasa kedua.
Kata kunci: Bahasa daerah, etnolinguistik, sekolah dasar


Keywords


Regional language, ethnolinguistics, elementary school, local wisdom

Full Text:

PDF

References


Atmazaki, A. (2013, October). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. In International Conference on Languages and Arts (pp. 15-22).

Ibda, H. (2017). Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(2).

Kemendikbud. 2018. Badan Bahasa Petakan 652 Bahasa Daerah di Indonesia. Jakarta. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/07/badan-bahasa-petakan-652-bahasa-daerah-di-indonesia

Listiyorini, A. (2008). Eksistensi Bahasa Daerah dan Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi dalam Persaingan Global. Retrieved November, 26, 2015.

Sahril, N. F. N. (2018). Pergeseran Bahasa Daerah Pada Anak-Anak di Kuala Tanjung Sumatra Utara. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7(2), 210-228.

Tarigan, Henry Guntur. (1988). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Taufik, M., Yuliana, R., VY, I. A., Kuswati, M., Rizhyalita, A., & Anggara, S. (2017). Bahasa Daerah Sebagai Mother Language Dalam Upaya Penguatan Kearifan Lokal Identitas Banten Di Kota Serang. Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(1), 59-68.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

Yati, D. Menyelamatkan Bahasa daerah Melalui Pembelajaran Bahasa yang Komunikatif. repository.unib.ac.id.

Yusnawarni, Y. (2017). Peran Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Tematik Terpadu melalui Pendekatan Saintifik. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 171-186


Refbacks

  • There are currently no refbacks.