PRATHOM SCHOOL CULTURE: IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH BERBASIS ISLAM DI THAILAND

Afrin Puspasari, Muhroji Muhroji

Abstract


Mayoritas agama yang dianut di negara Thailand adalah agama Budha sehingga perlu usaha bagi minoritas khususnya penganut agama Islam untuk mempertahankan jati dirinya sebagai muslim di Thailand. Salah satu cara yaitu melalui pengembangan sekolah Islam sebagai perantara untuk menanamkan ilmu-ilmu Islam di tengah perbedaan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan budaya sekolah Islam pada jenjang Prathom di Thailand. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa pada empat sekolah Islam di wilayah Thailand Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif desain fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengembangan budaya sekolah Islam di Thailand yaitu dengan pembiasaan melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian yang menghasilkan budaya tersebut berkembang di sekolah Islam Thailand. Sekolah Islam di Thailand Selatan menjadi pondasi dasar dalam mengajarkan dan membudayakan ajaran agama Islam. Dalam pengembangan budaya sekolah, terdapat dukungan dan hubungan positif antara stakeholder.


Keywords


Budaya Sekolah; Sekolah Islam; Sekolah Dasar; Thailand

Full Text:

PDF

References


Daryanto, & Tarno, H. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah (Cetakan 1). Yogyakarta: Gava Media.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jakarta: Ar- Ruzz Media.

Glusac, D., Tasic, I., Nikolic, M., Terek, E., & Gligorovic, B. (2015). A study of impact of school culture on the teaching and learning process in Serbia based on school evaluation. Nastava i Vaspitanje, 64(2), 255–268. https://doi.org/10.5937/nasvas1502255g

Khaosod English. (2015). Prayuth Asks Media to Stop Asking Kids About “12 Values.” Retrieved from http://www.khaosodenglish.com/life/2015/01/24/1422080179/

Kurnia, A., & Bambang. (2012). Membangun Budaya Sekolah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masaong, A. K., & Ansar. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah (Teori, Model dan Implementasi. Gorontalo: Senta Media.

Peterson, K. D., & Deal, T. E. (1999). The Shaping School Culture Fieldbook. San Francisco: Jossey-Bass.

Prokopchuk, J. (2016). Unpacking the Impact of School Culture: A Principal’s Role in Creating and Sustaining the Culture of a School. SELU: Research Review Journal, 1(2), 73–82.

Ramly, M. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Risminawati, & Rofi’ah, S. N. (2015). Implementasi pendidikan ramah anak dalam pembentukan karakter siswa kelas rendah sd muhammadiyah program khusus kotta barat tahun pelajaran 2013/ 2014. Profesi Pendidkan Dasar Vol. 2 , No 1, Juli 2015 : 68-76, 2(1), 9.

Supraptiningrum, & Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, V/2, 219–228.

Undang- Undang Pendidikan Thailand. พระราชบัญญัติการศึกษาแห่งชาติพ.ศ. ๒๕๔๒แก้ไขเพิ่มเติม (ฉบับที่๒) พ.ศ. ๒๕๔๕และ (ฉบับที่๓) พ.ศ. ๒๕๕๓

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman nilai-nilai religius di sekolah dasar untuk penguatan jiwa profetik siswa. Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, (November), 60–63. Retrieved from http://eprints.uad.ac.id/9629/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.