PERANAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Sarinah sarinah

Abstract


Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya yang diperoleh dari pengalaman-pengalaman masyarakat. Kearifan lokal yang merupakan bagian dari budaya memiliki nilai luhur yang mampu memenuhi kebutuhan dan menjawab segala permasalahan yang ada di masyarakat. Maka, Kearifan lokal harus diimplementasikan dalam setiap pembelajaran disekolah khususnya sekolah dasar yang mana menjadi langkah awal untuk membentuk generasi yang berkarakter. Kearifan lokal di Indonesia sangat beragam, sehingga dengan adanya implementasi kearifan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar akan mampu meningkatkan karakter dan pengembangan diri anak usia dini. Berbagai unsur kearifan lokal, tradisi, pratana lokal, termasuk norma serta ada istiadat yang ada akan bermanfaat dan berfungsi secara efektif dalam pendidikan karakter. Kearifan lokal menjadi bahan ajar untuk meningkatkan karakter dan pengembangan diri anak usia dini, sehingga dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin pesat dan revolusi industri 4.0 anak-anak sebagai generasi penerus bangsa mampu menghadapinya, dan kearifan lokal menjadi benteng jati diri mereka agar tidak terpengaruh dampak negatif dari perkembangan tersebut.

Kata kunci: kearifan lokal, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


Sumaryadi,Susilo Pradoko.2018.Pedagogi Kritis Bagi Dunia Pendidikan.Yogyakarta:Charissa Publisher

Judiani, Sri. 2010. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum”.Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: JurnalPendidikan dan KebudayaanVol. 16 No. 9 2013.

Suyitno, Imam. 2012. “Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal”.Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Karakter No. 1 Februari 2012.

Fajarini, Ulfah. “Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter”. Jurnal Sosio Didaktika: Vol. 1 No. 2 Desember 2014.

Afandi, Rifki. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”. Pedagogia: Vol. 1 No. 1 Desember 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.