PENTINGNYA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Era revolusi industry generasi ke-4 atau yang disebut sebagai revolusi industry 4.0 mengarahkan semua bidang kehidupan pada teknologi digital, artificial intelegence, big data, dan robotic. Tak terkecuali bidang pendidikan, memasuki revolusi industry 4.0 dunia pendidikan dituntut untuk mengkonstruksi pembelajaran yang melibatkan teknologi. Pendidikan 4.0 merupakan istilah yang digunakan oleh para ahli pendidikan untuk menggambarkan cara mengimplementasikan teknologi cyber ke dalam pembelajaran. Pendidikan 4.0 menuntut guru menguasai teknologi untuk diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Kemampuan guru dalam menguasai teknologi dalam pembelajaran dapat dilihat melalui TPaCK (Technological Pedagogical Content Knowledge) yang dimiliki guru. TPaCK merupakan kerangka teoritis untuk mengintegrasikan teknologi, pedagogik, dan materi pelajaran dalam pembelajaran. Artikel ini mengkaji tentang tiga unsur pengetahuan TPaCK dan interaksi diantara setiap unsur TPacK serta kaitannya dengan revolusi industri 4.0.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aija Cunska & Inga Savicka. 2012. Use of ICT teaching-learning methods make school math blossom. Procedia Social and Behavioral Sciences vol 69, p. 1481-1488.
Alavi, M., dan Gallupe, R. B. (2003). “Using Information Technology in Learning: Case Studies in Business and Management Education Programs”. Academy of Management Learning and Education, 2(2), 139–153.
Anwar, Y., Rustaman,Y. N., & Widodo,A. (2014). Hypothetical Model to Developing Pedagogical Content Knowledge (PCK) Prospective Biology Teachers in Consecutive Approach. International Journal of Science and Research (IJSR) Volume 3, Issue 12, Page 138-143.
Douglas D. Agyei & Joke Voogt. 2012. Developing technological pedagogical content knowledge in pre-service mathematics teachers through collaborative design. Australian Journal of educational technology. 28 (4), pp 547-564.
P. Drijvers, P.Boon, & M. Van Reeuwijk. 2010. Algebra and Technology. Secondary School Algebra: Revising Topics and Themes and exploring the unknown. Rotterdam: sense publishers.
Hill, H. C., Ball, D. L., & Schilling, S. G. (2008). Unpacking Pedagogical Content Knowledge: Conceptualizing anf Measuring Teachers‘ Topic-Specific Knowledge of Students. Journal for Research in Mathematics Education Vol. 39 No. 4, 372-400.
Hurrell, D. P. (2013). What Teachers Need to Know to Teach Mathematics: An Argument fora Reconceptualised Model. Australian Journal of Teacher Education Volume 38, Issue11, Page 54-64.
Koehler, M. J., & Mishra, P. 2009. “What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?”.Contemporary Issues in Technology and Teacher Education. 9 (1), pp 60-70.
Koehler, M. J., Mishra, P., Ackaoglu, M.,& Rosenberg, J. M. (2013). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and Teacher Educators. Commonwealth Educational Media Centre for Asia.
Mehmet Akih Ocak. 2008. The effect of using graphing calculators in complex function graphs. Eurasia journal of mathematics science and technology education, 4 (4) pp. 337-346.
Nasution, Hamzah Syaiful. 2018. “Pentingnya Literasi Teknologi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika”. JKPM: Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika Vol. 2 No. 1 April 2018, pp. 14-18.
National Council of Teachers of Mathematics. 2008. The role of technology in the teaching and learning.
Permendiknas. No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi Guru, BSNP. 2007.
Rahman, Bujang. 2015. Mempersiapkan guru professional (suatu pendekatan komprehensif). Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.
Rosyid, Abdul. 2016. Technological Pedagogical Content Knowledge sebuah kerangka pengetahuan bagi guru Indonesia di era MEA. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8962
Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S.. 2017. “Analisis kemampuan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) calon guru pada mata kuliah PP Bio”. SNPS. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11392
Susanti, D., dan Khabibah, S. 2013. “Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis Komputer pada Materi Bola”. Jurnal MATHEdunesa, Vol 2(1).
Turnuklu, E. B., & Yesildere, S. (2007). The Pedagogical Content Knowledge in Mathematics: Preservice Primary Mathematics Teachers‘ Perspectives in Turkey. IUMPST: The Journal, Vol 1 (Content Knowledge), page 1-13.
Wandani, N., dan Nasution, S. 2017. “Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Autoplay Media Studio pada Materi Kedudukan Relatif Dua Lingkaran”. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, Vol 1(2), hal 90 – 95.
Refbacks
- There are currently no refbacks.