KOMIK PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD

Sella Mita Putri, Muhammad Ragil Kurniawan

Abstract


Pendidikan karakter adalah suatu proses penerapan nilai nilai moral dan agama pada peserta didik melalui ilmu ilmu pengetahuan, penerapan nilai nilai tersebut baik terhadap dirinya sendiri, keluarga, sesama teman, dan lingkungan sekitar maupun Tuhan Yang Maha Esa. Di Era Revolusi Industri 4.0 saat ini generasi lahir ditandai dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis digital, segala sesuatu saat ini dilakukan menggunakan digital, pada revolusi industri saat ini memiliki sisi dampak yang negatif maupun positif, salah satu dampak positif nya ialah sistem pembelajaran yang dapat dilakukan melalui pemanfaatan media internet sehingga memudahkan kegiatan pembelajaran yang ketika pada jaman dahulu pembelajaran hanya dapat dilakukan tatap muka, saat ini pembelajaran dapat diakses dengan mudah. Namun dampak negatif lainnya dari revolusi industri saat ini adalah munculnya berbagai kasus seperti misalnya terjadinya tawuran antar pelajar, kasus bulying, narkoba, penyebaran berita hoax yang makin marak, begal dimana mana, merupakan ciri ciri dari rusaknya karakter anak bangsa ini, oleh sebab itu perlunya penanaman pendidikan karakter pada anak sejak dini mungkin agar anak dapat tumbuh, berkembang dan memiliki karakter yang  baik.. Komik sebagai salah satu media untuk menanamkan pendidikan karakter dapat dilakukan di Sekolah Dasar karena sifat media komik yang menghibur dan ringan sehingga membuat peserta didik cenderung lebih senang dengan bacaan tersebut dibandingkan dengan menggunakan waktu mereka untuk membaca buku. Dalam hal ini penerapan media dalam pembelajaran akan lebih menarik perhatian peserta didik untuk membaca sehingga muncul motivasi dalam diri peserta didik untuk belajar dan mengimplementasikan makna yang terkandung dalam isi cerita tersebut dalam kehidupan sehari hari. Metode penelitian karya tulis ilmiah ini yaitu menggunakan studi literasi ( library research). Komik di desain dengan semenarik mungkin sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Dengan penanaman pendidikan karakter pada anak SD melalui Komik ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa anak bangsa yang berkarakter  baik.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo J.R. 2012. Pembelajaran nilai karakter. Depok: PT Raja Grafindo

Persada.

Ambaryani, dan Airlanda,. G. S. 2017. Pengembangan Media Komik Untuk Efektivitas

Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik.

Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), vol. 3, No. 1, hlm. 19-28.

Astiarini, W. 2016. Pengembangan Model Penanaman Pembelajaran Pendidikan Karakter

Berbasis Cerita Melalui Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal

Pendidikan dasar, vol. 7, Edisi 1 Mei 2016, hlm. 176- 185.

Darmayanti, S., dan Wibowo, U. 2014. Evaluasi program pendidikan Karakter di Sekolah

Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2, No. 2, hlm. 223-

Fahyuni, E. F., dan Fauji, I. 2017. Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk

Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Islamic

Education Journal, Vol. 1, No.1, hlm. 25.

Firdausi, L., Harun, A. E., Melati, H. A. 2017. Pengaruh PQ4R Berbantuan Komik

Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Minyak Bumi Pada Siswa SMA. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 6, No. 5, hlm. 1-9.

Hasan Said Hamid, et al. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Jakarta: Kemdiknas Balitbang.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma

Pustaka.

https://elib.unikom.ac.id diakes pada tanggal 14 juni 2019 pukul 23:07 WIB.

http://www.komik.pendidikan.id/ diakses pada tanggal 15 juni 2019 pukul 12:52

WIB.

Indrayati, I., dan Jailani, J. 2015. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika

Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima

Edukasia, vol, 3 No, 1 hlm. 84-96.

Lubis, M. A. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca

PPKn Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Tarbiyah,

Vol. 25, No. 2, hlm. 152-173.

Murniyetti., Engkizar., dan Fuady, A. 2016. Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter

Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, No. 2,

hlm. 156-166.

Muslimin. 2017. Menumbuhkan Budaya Literasi dan Minat Baca dari Kampung.

Gorontalo: Ideas Publishing.

Nana Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Putri, D.P. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal

Pendidikan Dasar, vol. 2, No. 1, hlm. 37-49.

Ropipah, F. 2018. Pengembangan Media Buku Cerita Komik Untuk Meningkatkan

Perkembangan Moral Anak Usia Dini di PAUD Bandar Lampung. Skripsi.

Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Saputro, H. B., dan Soeharto. 2015. Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan

Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima

Edukasia, vol. 3, No. 1, hlm. 61-72

Wahyuni, S. 2010. Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat.

Jurnal Diksi, vol. 17, No. 1, hlm. 179-189.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.