PEMILIHAN FILM ANAK DAN KAITANNYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
ABSTRAK
Anak-anak menggemari film animasi mulai dari usia tiga tahun yang mana masih belum terlalu lancar melafalkan kalimat-kalimat pendek dan belum bisa memahami maksud dari cerita dalam film animasi tersebut. Anak-anak cenderung lebih tertarik pada grafis dari film animasi tersebut. Karakter pada anak dapat dibentuk melalui keluarga dan lingkungan. Pada usia 7 sampai 12 tahun anak cenderung mengikuti dan menirukan hal disekitarnya termasuk karakter tokoh pada film animasi. Media televisi, youtube dan media lainnya termasuk bagian dari hal-hal yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter anak. Pada umumnya anak yang sering melihat tontonan atau film yang mengandung kekerasan akan membentuk karakter anak tersebut memiliki sikap agresif dan pembangkang. Dengan demikian peran orang tua sangat diharapkan mampu mengontrol film atau tontonan apa saja yang disajikan pada anak agar generasi bangsa dapat tumbuh dan berkembang dengan karakter pribadi yang santun dan sesuai norma-norma yang berlaku.
Kata kunci: karakter anak, film animasi, peran orang tua
Full Text:
PDFReferences
Admin, Aku. 29 November 2015. Jenis-jenis Rating Usia di Program Televisi dan Film.
https://loop.co.id/articles/jenis-jenis-rating-usia-di-program-televisi-dan-film/full. (diakses pada Rabu, 20 Maret 2019. 12.43)
Arif, Kang. 30 November 2018. Mengenal Animasi, Kartun Nussa dan Rara.
https://www.kangarif.com/2018/11/mengenal-animasi-kartun-Nussa-danrara.html?m=1. (diakses pada Selasa, 19 Maret 2019. 10.59)
Baktiar, Mochammad. 09 Juni 2018. Fakta-fakta Sejarah Spongebob Squarepant beserta
Film Barunya.
https://www.google.com/url?sa=i&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiqy8uWx43
hAhWg7XMBHSgCD9EQzPwBegQIARAC&url=https%3A%2F%2Fwww.kask
us.co.id%2Fthread%2F5b1af394529a453a7b8b4579%2Ffakta-fakta-dan-sejarahSpongebob-squarepant-beserta-filmbarunya%2F&psig=AOvVaw0tYlV_71BqDJgyGG0aA9JL&ust=1553062601321953. (diakses pada Kamis, 14 Maret 2019. 14.02)
Cahyaningrum, E S, dkk. 2017. Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia
DiniMelalui Pembahasan Dan Keteladanan. Vol 6(2): 208-209.
Dwi, Rasyid. 19 Juli 2017. Pengaruh Film Kartun Upin Ipin Terhadap Anak-anak yang
ada di Indonesia.
https://www.kompasiana.com/rasyidn99/596f1535b6140105fe0e7143/pengaruhfilm-kartun-upin-ipin-terhadap-anakanak-yang-ada-di-indonesia?page=all.
(diakses pada Kamis, 14 Maret 2019. 14.15)
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka
Cipta
Gray, John. 2000. Children are from Heaven. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Koswarini, Dwi. 20 November 2018. 5 Fakta dari Film Animasi Islami, Nussa dan Rara.
https://www.google.com/amp/s/www.ruangmuslimah.co/amp/45278-5-fakta-darifilm-animasi-islami-nussa-dan-rara?espv=1. (diakses pada Selasa, 19 Maret 2019.11.10)
Melina, N F. 29 November 2018. Nussa dan Rara: Gebrakan Animasi Indonesia, siapasih dibekanagnya?.https://www.google.com/amp/m.tribunnews.com/amp/seleb/2018/11/29/nussa-dan-rara-gebrakan-animasi-indonesia-siapa-sih-dibelakangnya?espv=1. (diakses pada Selasa, 19 Maret 2019. 09.57)
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis
Multidimensional. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Prakosa, Gatot. 2010. Animasi Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta. FFTV IKJ & YSVI.
Rahmi, Amelia. 2013. Pengenalan Literasi Media Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Vol 8(2): 262-263.
Suyomukti, Nurani. 2017. Metode Pendidikan Marxis Sosialis. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Semiawan, Conny. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta. PT. Grasindo.
Yusuf, Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung. PT. Remaja
Rosdakara.
Wikipedia. Happy Tree Friends. https://id.wikipedia.org/wiki/Happy_Tree_Friends.
Diakses pada 15 Juni 2019 pukul 17.41 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.