IMPLEMENTASI KULTUR SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS BAGI SISWA SD MUHAMMADIYAH ARGOSARI

Ferry Eka Letteresa, Vera Yuli Erviana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kultur sekolah dalam membangun karakter religius bagi siswa SD Muhammadiyah Argosari. Lapisan kultur sekolah yang diamati terdiri dari lapisan artifak fisik dan non fisik serta lapisan nilai dan keyakinan. Melalui lapisan artifak dan nilai serta keyakinan, implementasi kultur sekolah dalam proses membangun karakter religius ini melalui beberapa tahap, diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru PAI, dan peserta didik yang dipilih secara sampling purpose. Objek penelitian ini adalah implementasi kultur sekolah dalam membangun karakter religius bagi siswa SD Muhammadiyah Argosari. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kultur sekolah dalam membangun karakter religius pada lapisan artifak serta nilai dan keyakinan, perencanaannya terdiri dari penetapan programprogram kegiatan keagamaan mulai dari kegiatan rutin, kegiatan keteladanan, hingga kegiatan perayaan hari besar keagamaan. Proses pelaksanaannya guru selalu mendukung dan memberikan keteladanan dalam menjalankan ibadah di sekolah dan pembiasaan religius lainnya. Tahap selanjutnya yaitu evaluasi, guru mempunyai catatan pelanggaran siswa dan kepala sekolah selalu melakukan observasi dan monitiring kemudian mengadakan rapat bersama guru untuk mengevaluasi terkait dengan hasil implementasi kultur sekolah dalam membangun karakter religius bagi siswa SD Muhammadiyah argosari. Point-point evaluasi diantaranya perencanaan, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, pelaksanaan, ketercapaian tujuan serta perbandingan kondisi sekarang dan sebelumnya. Kata kunci: implementasi, kultur sekolah, karakter religius.

Full Text:

PDF

References


Darmiatun, Suyatri dan Daryanto. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung:

Gava Media.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Surat Edaran Nomor 1860/C/TU/2011 Perihal Upacara

Tahun Ajaran Baru dan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Moleong, L.J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta:

PT Bumi Aksara

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alafabeta.

Widodo, Hendro. 2019. Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. Yogyakarta: UAD Press.

Zamroni. 2016. Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.