BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR

Kinanthi Hapsari, Panji Hidayat

Abstract


Bimbingan konseling adalah suatu profesi yang memiliki tujuan untuk membantu dan mengembangkan seluruh kemampuan siswa dengan potensinya masing-masing. Adanya bimbingan konseling merupakan salah satu cara mencetak siswa yang tidak hanya cerdas dalam akademik tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik. Di era revolusi 4.0 peserta didik sudah mulai kehilangan sopan santun, tata krama bahkan tidak peduli dengan nilai moral yang sudah di ajarkan oleh orang tua. Hal ini tidak hanya terjadi pada siswa SMP atau SMA saja tetapi sudah mulai masuk kalangan anak SD. Karakter anak SD yang cenderung suka meniru apapun yang di lihat membuat siswa mudah terpengaruh dan terbawa oleh kondisi lingkungan.  Maka Pendidikan karakter sejak dini sangat penting, karena untuk menerapkan nilai-nilai moral dan membentuk kepribadian yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter merupakan proses penerapan nilai moral baik terhadap keluarga, lingkungan sekitar, diri sendiri maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan adanya guru bimbingan konseling disekolah dasar dapat membantu meningkatkan Pendidikan karakter karena guru bimbingan konseling merupakan tenaga pendidik yang memiliki tujuan mengembangkan aspek emosi, social, spiritual serta intelektual peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Wibowo,M.E., &Sugiharto, D.Y.P. 2014.Pengembangan Model Program Bimbingan dan Konseling Berbasis Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 3, No. 1, hlm. 72-75.

Isnaini, R.L. 2016. Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, hlm. 36- 52.

Judiani, S. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan

Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, No. 3, hlm. 280-289.

Minsih. 2015. Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan Dalam Membentuk Karakter Siswa

Di SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta. Jurnal Profesi Pendidikan

Dasar, Vol. 2, No. 2, hlm. 112-120.

Prasetiawan, H. 2016. Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Ramah Anak

Terhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal Children Advisory

Research and Education, Vol. 4, No. 1, hlm. 50-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.