PERAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Ulfa Danni Rosada, Finna Cahya Farhani, Wike Nurani

Abstract


Pendidikan merupakan suatu usaha untuk mengembangkan potensi siswa agar memiiki nilai-nilai karakter yang kuat. Pendidikan itu sendiri tidak hanya mengajarkan siswa dalam menulis, membaca dan berhitung, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter. Penanaman nilai karakter harus diselenggarakan disemua jenjang pendidikan termasuk sekolah dasar. Hal tersebut dilakukan karena siswa pada usia sekolah dasar sebagai faktor penentu bagi perkembangan karakternya di masa yang akan datang. Bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari pendidikan yang berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa di sekolah. Sesuai dengan adanya Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah, menjadi bukti bahwa layanan bimbingan dan konseling yang optimal sangat diperlukan di sekolah dasar. Mengingat saat ini banyak terjadi fenomena penyimpangan perilaku yang dilakukan oleh siswa seperti bullying, pelecehan seksual, sikap agresif, dan lain-lain. Oleh karena itu nilai-nilai karakter dapat diimplementasikan melalui komponen layanan bimbingan dan konseling seperti layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan, layanan responsif, dan dukungan sistem.

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor. Naskah Akademik ABKIN

Astuti, R. D. 2016. Pemahaman Guru Kelas terhadap Materi Layanan Bimbingan Pribadi Sosial untuk Siswa Terisolir. Basic Education, 5(31), 2968–2977.Retrieved from https://drive.google.com/file/d/0B3v8ZlyZnRsGczNsLWw5bG1lWU0/view.

Bhakti, C. P. 2015. Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93–106. DOI: https://doi.org/10.26638/jfk.96.2099.

Darmiyati Zuchdi. (2009). Pendidikan Karakter: Grand Desain dan Nilai-nilai

Target. Yogyakarta: UNY Press

Farozin, M., Suherman, U., Triyono, Purwoko, B., Hafina, A., Yustiana, Y. R., & Sukmaja. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Furqon. 2005. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling untuk Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekataan Sepanjang Rentag Kehidupan (Edisi ke-5). Jakarta: penerbit Erlangga.

Ifa, Nurjanah dan Suryaningsih. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tindakan Bullying Pada Anak Kelas 4 dan 5 di SDN Rancaloa Bandung Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Kartika, 12 (2), 48-60.

Kemendikbud. 2016. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Kurnanto. E. 2015. Peran Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Internalisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Raheema, 2 (2).

Kurnia And Aeni. 2018. Indikasi Bullying Fisik pada Siswa SD dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak Menurut Tuntutan Agama. Mimbar Sekolah Dasar, 5 (2), 97-115.

Kusrahmadi, S. D. 2007. “Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Anak Sekolah Dasar.” Yogyakarta: UNY. (Online). Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/5006/1/Pentingny_a_pendidikan_moral.pdf

Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis

Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sari, N. 2016. Pola Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk Mengoptimalkan Kemampuan Anak Autis di Sekolah Dasar.Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 1(2), 31–35. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i2.105.

Trisnani, R. P. 2016. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Madiun: IKIP PGRI Madiun

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2004).

Permendikbud Nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Redjeki, S. 2013. Pengembangan Karakter Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling. FIP IKIP Veteran Semarang. (Edisi Khusus Dies Natalis) Vol : XX

Wibowo, A. 2012. Pendidikan karakter: strategi membangun karakter bangsa berkepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.