PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI VOLUME BANGUN RUANG TAK BERATURAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Lia Sri Rahayu, Sony Irianto, Subuh Anggoro

Abstract


Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan sarana belajar yang baik, salah satunya bahan ajar termasuk LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD materi volume bangun ruang tak beraturan menggunakan model Project Based Learning di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define (pendefisian), Design (desain), Develop (pengembangan), Disseminate (pendesiminasian/penyebaran). Penelitian dilakukan di SDN 1 Gandatapa dengan jumlah 23 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) LKPD dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. 2) LKPD memperoleh skor rata-rata total dari validator ahli sebesar 3,41 dan memiliki kriteria sangat baik. 3) LKPD materi volume bangun ruang tak beraturan menerapkan pembelajaran menggunakan Lesson Study. Hasilnya peserta didik semangat dan senang dalam pembelajaran. 4) Respon guru terhadap LKPD skor rata-rata 4,42 dengan kriteria respon sangat baik. 5) Respon peserta didik terhadap LKPD memperoleh skor rata-rata 4,98 dengan kriteria respon sangat baik.


Keywords


LKPD, Volume Bangun Ruang Tak Beraturan, Project Based Learning, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abizar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: DIVA Press.

Ardianti, S.D, Ika A.P., dan Mohammad K. (2017). Implementasi Project Based Leaning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7, (2), 145-150.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyana, Y, Ari P., Reisky B., dan Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ilter, I. (2014). A Study on the Efficacy of Project-Based Learning Approach on Social Studies Education: Conseptual Achievement and Academic Motivation. Academic Journals, 9, (15), 487-497.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6, (2),149-160.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rizal, M., Alben A., dan Darsono. (2018). Development Of Student Worksheet Problem Based Learning Model to Increase Higher Order Thinking Skills. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), (8), 59-65.

Sani, Abdullah R. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sasmito, L, F., & Ali M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 70-81.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Semmel dan Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Indiana: ERIC.

Trianto. (2009). Mendesain Pembelajaran Inovatif –Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono, & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.