PENGETAHUAN PEDAGOGIK PADA ERA REVOLUSI 4.0

Dian Pangestuti, Titis Arum Wijayanti, Dyah Wahyu Palupi

Abstract


Persoalan guru akan semakin kompleks memasuki era Revolusi 4.0, dimana guru harus mempunyai kompetensi dalam menghadapi perkembangan teknologi. artikel ini akan mengkaji Pengetahuan Pedagogik pada Era Revolusi 4.0. Dalam hal ini akan dibahas cara mengajar guru yang berkaitandengankarakteristik peserta didik didalam kelas pada Era Revolusi 4.0 dan memahami model, pendekatan, cara perpikir, dan  gaya belajar  peserta didik pada Era Revolusi 4.0. Pengkajian ini bermanfaat untuk guru dalam menentukan cara mengajar pada era Revolusi 4.0 sesuai dengan karakterstik peserta didik serta menentukan model pembelajaran yang tepat. 

Kata kunci: pengetahuan pedagogik, revolusi 4.0.


Keywords


Kata kunci: pengetahuan pedagogik, revolusi 4.0.

Full Text:

PDF

References


Eka Safitri. Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebagai determinan terhadap hasil belajar (Teachers teaching skills and student learning motivation as adeterminant of the learning outcomes).jurnal pendidikan managemen perkantoran.vol 1 : 144-153.

Arum Fitriani. Implementasi Variasi Mengajar Guru Kelas V Di SekolahDasar Negeri 3 BantulThe Implementation Of Teaching VARIATION BY TEACHER FOR 5th GRADESTUDENTS.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Hal 3094-3105.

Anwar Saeful Agus, Lapenia Peti. 2019. Penerapan model pembelajaran explicit instruction Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok Bahasan cahaya dan sifatnya pada siswa kelas v di SD Negeri 1 sembawa. Jurnal Lensa Pendas. 4(1): 54.

Hidayat Satibi otib. 2018. pengaruh model active learning dan tipe kepribadian terhadap kemampuan berbicara. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 12(1): 133-134.

Zulela. 2017. Keteeampilan menulis narasi melalui pendekatan konstruktivisme di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 8, 2, 112-123.

Zulela. 2014. Pendekaran konstektual dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar. 1, 1, 83-91.

Wijayanti. 2016. Penerapan pendekatan saintifik berbantu media poster dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa indonesia tema cita-citaku. Jurnal PGSD. 4, 1, 1-9.

Nur, Alfia. 2014. Meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sd yayasan mutiara gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan. 2, 1, 65-72.

Ismail. 2015. Penigkatan kompetensi pedagogik guru pai dalam pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna. 4, 2, 704-719.2.https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/5307/4603

Marno dan M Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kartono, K. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Putri, A. W. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Siswa (Visual, Kinestetik, dan Auditorial) Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. file:///D:/KEPEGAWAIAN/GTT%20PTT/gaya%20belajar%202.pdf ,5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.