INOVASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL “SUNDA MANDA”

Ragil Dian Purnama Putri, Shopyan Jepri Kurniawan, Nindiya Eka Safitri

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang inovasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar berbasis permainan tradisional sunda manda. . Kenakalan anak pada saat ini sangat marak terjadi di Indonesia salah satunya pada tingkat pendidikan dasar. Pendidikan dasar adalah pendidikan yang memberikan kemampuan dasar dalam mengantarkan anak menuju pendidikan menengah.  Dimana dalam pembentukan karakter dan moral yang baik perlu adanya layanan dari guru BK pada pendidikan dasar. Peran guru BK dalam pendidikan dasar sangat diperlukan sehingga anak mempunyai bekal moral serta karakter yang baik. Adapun layanan BK yang bisa dilakukan, yaitu melalui inovasi layanan BK di SD dengan menerapkan permainan tradisional sunda manda. Dengan demikian, diharapkan adanya peningkatan layanan BK di SD dengan menumbuhkan kembali moral dan karakter melalui permainan tradisional sunda manda.

Full Text:

PDF

References


Agustin, Dyah Satya Yoga. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya dan Nasionalisme

Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 4 No.2,

November 2011, hal. 177-185

Caraka, P. B., Nindiya, E. S., & Fuad, A. R. (2016). Improving Quality Of Education

Through Collaboration System In The Perspective Of Comprehensive Guidance

And Counseling.

Haerani, Nur. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional . Jurnal

Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1, Februari 2013.

Halim, F. M. (2014). Interior Museum Permainan Anak-Anak Tradisional Jawa di

Surabaya. Jurnal Intra, 2 (2), hlm. 1

Jamilah, Ruhil Jamil. (2017). Peran Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan

Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mukhlisin Medan Ta. 2016/2017.

Skripsi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Khadijah, (2012), Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah, Bandung: Citapustaka Media

Khasanah, Ismatul. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulus Aspek

Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No 1.

Montolalu B.E.F, dkk. (2005). Bermain dan Permainan anak. Jakarta: Universitas

Novan Ardy Wiyani. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: ArRuzz Media

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 111 Tahun 2014 tentang

Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Puspitaningsih, Y. A., & Nursalim, M. (2008). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan

dan Konseling di SD Muhammadiyah se Surabaya.

Royana, Ibnu Fatkhu. (2017). Pelestarian Kebudayaan Nasional Melalui Permainan

Tradisional Dalam Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional KeIndonesiaan II Tahun 2017, FPIPSKR Universitas PGRI Semarang

Siagawati, Moniqa. (2007). Mengungkap Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Permainan

Tradisional Gobag Sodor. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi Vol. 9,

No. 1, Mei 2007: 83-95

Silitonga, A. S., dkk. (2014). Pengelolaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling untuk

Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9

(1), 28-39.

Widada. (2014). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran

dan Pengembangan SD, Jilid 1 Nomor 1, April 2013, hal. 65-75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.