PENGUATAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SBDP MATERI “KREATIFITAS POLA LANTAI KELOMPOK PADA TARI BUNGONG JEUMPA” (STUDI PELATIHAN PADA GURU MI MUHAMMADIYAH GUMIWANG)

Dedy Irawan, Okto Wijayanti

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru MI Muhammadiyah Gumiwang. Melalui pelatihan ini diharapkan para guru dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Kurikulum 2013 pada mata pelajaran SBdP khususnya kreatifitas pola lantai kelompok pada tari “Bungong Jeumpa” agar dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada kelas yang diampu. Pelatihan difokuskan pada materi pembelajaran tari tradisional kelas IV Sekolah Dasar yaitu kreatifitas pola lantai kelompok pada tari “Bungong Jeumpa”. Pelatihan dilakukan melalui empat tahap yaitu: 1) Tahap Persiapan Pelatihan; 2) Tahap Pelaksanaan Pelatihan; 3) Tahap Monitoring dan 

Pendampingan; dan  4) Evaluasi Kegiatan. Pelatihan ini menghasilkan luaran berupa pengetahuan dan keterampilan guru dalam kreatifitas pola lantai kelompok pada tari “Bungong Jeumpa”. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari program pelatihan diperoleh persentase 80% guru yang mengikuti kegiatan pelatihan telah memahami dan terampil menerapkan materi pelatihan untuk pembelajaran di kelas. Hal tersebut menunjukan tingkat keberhasilan dari pelatihan ini yang telah tercapai bahkan melebihi indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu 75%.


Full Text:

PDF

References


Ardipal. (2010). Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di

Masa Depan. Jurnal Bahasa dan Seni, 11,1, 1-10.

Hidayati, Y. M. & Titik Septiani. (2015). Studi Kesiapan Guru Melaksanakan Kurikulum

dalam Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif di Sekolah Dasar Se

Kecamatan Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Profesi Pendidikan Dasar, 2, 1,

-58.

Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Permendikbud No. 67 Tahun 2013 tentang

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. Jakarta: Kementrian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Kristiantari, R. (2014). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam

Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum

Jurnal Pendidikan Indonesia, 3, 2, 460-470.

Mareza, L. (2017). Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) sebagai Strategi

Intervensi Umum bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Scolaria, 7, 1, 35-38.

Warso, A. W. D. D. (2013). Pembelajaran Tematik Terpadu & Penilaiannya pada Sekolah

Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Graha

Cendikia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.