PENGUATAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SBDP MATERI “KREATIFITAS POLA LANTAI KELOMPOK PADA TARI BUNGONG JEUMPA” (STUDI PELATIHAN PADA GURU MI MUHAMMADIYAH GUMIWANG)
Abstract
Pendampingan; dan 4) Evaluasi Kegiatan. Pelatihan ini menghasilkan luaran berupa pengetahuan dan keterampilan guru dalam kreatifitas pola lantai kelompok pada tari “Bungong Jeumpa”. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari program pelatihan diperoleh persentase 80% guru yang mengikuti kegiatan pelatihan telah memahami dan terampil menerapkan materi pelatihan untuk pembelajaran di kelas. Hal tersebut menunjukan tingkat keberhasilan dari pelatihan ini yang telah tercapai bahkan melebihi indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu 75%.
Full Text:
PDFReferences
Ardipal. (2010). Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di
Masa Depan. Jurnal Bahasa dan Seni, 11,1, 1-10.
Hidayati, Y. M. & Titik Septiani. (2015). Studi Kesiapan Guru Melaksanakan Kurikulum
dalam Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif di Sekolah Dasar Se
Kecamatan Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Profesi Pendidikan Dasar, 2, 1,
-58.
Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Permendikbud No. 67 Tahun 2013 tentang
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Kristiantari, R. (2014). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam
Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum
Jurnal Pendidikan Indonesia, 3, 2, 460-470.
Mareza, L. (2017). Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) sebagai Strategi
Intervensi Umum bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Scolaria, 7, 1, 35-38.
Warso, A. W. D. D. (2013). Pembelajaran Tematik Terpadu & Penilaiannya pada Sekolah
Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Graha
Cendikia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.