METODE QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Siwi Purwanti, Siti Latifah

Abstract


Pembelajaran Sains (IPA) pada jenjang Sekolah Dasar masih sangat jauh dari tujuan kompetensi yang diharapkan, hal ini ditandai dengan hasil capaian belajar IPA yang cenderung rendah. Faktor penyebabnya sangat banyak, diantaranya dari guru yang berlanjut kepada siswanya. Persepsi guru yang memandang IPA sebagai sekumpulan fakta, konsep, atau teori belaka menyebabkan pembelajaran IPA kurang bermakna. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar yang masih tradisional yang berpusat pada guru dan tidak terbiasa melibatkan siswa perlu diubah, dikarenakan hal ini menyebabkan siswa tidak menggunakan daya nalarnya tetapi justru terbiasa menghafal, terpaku pada buku sumber dan terasa ada jurang pemisah antara pembelajaran di kelas dan lingkungan sehari-hari. Untuk itu perlu diupayakan pembelajaran IPA yang menekankan budaya berpikir kritis yang mengacu pada masa depan, sehingga menghasilkan peserta didik yang kompeten. Dari sini suatu metode sangat diperlukan untuk menunjang dan menumbuhkan minat belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Penyajian model pembelajaran Quantum Teaching dengan suatu metode tertentu dapat memungkinkan keefektifan belajar siswa secara optimal. Salah satu metode yang mengikuti langkah prosedur yang disingkat TANDUR oleh Bobby DePorter, 1999:10, dapat diterapkan pada siswa Sekolah Dasar terutama. Metode ini bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Sehingga metode ini cocok diterapkan pada jenjang Sekolah Dasar yang dengan siswa yang aktif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta untuk menumbuhkan minat belajar IPA sejak kecil.


Keywords


Pembelajaran IPA, Quantum Teaching, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Deporter, Bobbi dkk. 2000. Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Teaching Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung : Kaifa.

Deporter, Bobbi dkk. 2012. Quantum Learning :Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.

Darmodjo, dkk. 1992. “Pendidikan IPA II”. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kurniaty, Dedeh. 2013. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Lingkungan Sekolah Pada Pembelajaran IPA Di SD”. Bandung : Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia.

Norazaini. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media Lingkungan Alam Pada Siswa Kelas III”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun ke-6 2017.

Nurhasanah, Siti, dkk. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1 Agustus 2016. Hal 128-135

Olivia, F. (2011). Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Purwanti, Siwi. 2019. “Natural Science Learning Based On Technology For Students To Prepare For 4.0-Era Education”. Advances in Social Science,

Education and Humanities Research, volume 317

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Surahman, dkk. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4 ISSN 2354-614X.

Tursinawati. Penguasaan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol.2 No. 4 April 2016, hal 72-84. ISSN: 2337-9227.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.