PENGAJARAN CERITA RAKYAT BERBASIS PERMAINAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Tujuan artikel ini ialah untuk memberikan alternatif metode pengajaran cerita rakyat yang dikombinasikan dengan permainan berbasis teknologi atau aplikasi games sebagai media pendidikan karakter sehingga diharapkan dapat bermanfaat dalam membangun pendidikan karakter peserta didik untuk mewujudkan generasi-generasi muda berkarakter mulia. Pembahasan yang diangkat dalam artikel ini karena permasalahan yang muncul yang disebabkan rendahnya kualitas pendidikan karakter di Indonesia. Terlebih dengan derasnya arus teknologi informasi memberikan imbas yang signifikan terhadap pengajaran, baik dari segi mudahnya segala akses informasi maupun menghambat fokus pembelajaran peserta didik. Padahal karakter merupakan bagian vital suatu bangsa, sehingga apabila pendidikan karakter tidak di tanamkan maka berdampak terhadap kualitas peserta didik di masa yang akan datang. Disisi lain Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman. Keragaman tersebut berupa rumah adat, lagu daerah, tari, bahasa, dan bahkan sastra. Sehingga memungkinkan untuk menggali potensi termasuk di bidang sastra sebagai sarana penanaman pendidikan karakter dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum. 2010. Pedoman Pengembangan
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Bahan Pelatihan Penguatan
Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai Nilai Budaya untuk Membentuk
Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Gayati, Gatri. 2016. “Manfaat TIK Untuk Kecerdasan mencerdaskan dan memajukan
bangsa”. www.kemkominfo.go.id. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2018.
Habibi. 2018. “Digital Learning System”. Diakses melalui laman
http://habibipte.blogspot.com/p/digital-learning-system.html. Diakses pada
tanggal 2 November 2018.
Maura. Aisya. 2018. Fakta Pendidikan Indonesia: “Gawat Darurat”. Diakses melalui
laman https://blog.ruangguru.com/sistem-pendidikan-indonesia-gawat-darurat.
Pada tanggal 3 November 2018.
Mulyono Susanto, Widjayanti. 2016. Ilmu Sosial di Indonesia perkembangan dan
Tantangan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia : 181-182.
Kevin Nathanael, Tan. Raka Swendra, Cok. Dian Yudani, Hen. 2016. Perancangan
Game Aplikasi Smartphone Tentang Cerita Rakyat Dewi Sanggalangit Bagi
Anak Usia 5-7 Tahun. 1-4. Diakses melalui laman
https://media.neliti.com/media/publications/86741-ID-none.pdf. Diakses pada
tanggal 26 Oktober 2018.
Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Tangkary, Septriana. 2014. Kemkominfo : Pengguna internet di indonesia mencapai 82
juta. www.kemkominfo.go.id. Diakses pada Tangal 28 Oktober 2018.
Youpika. Fitra. 2014. Cerita Rakyat/Legenda “Malin Kundang” Yang Diadaptasi Untuk
Bahan Pembelajaran Sastra Di SMP/SMA. di akses melalui laman
http://fitrayoupika.blogspot.com/2014/11/cerita-rakyat-sebagaipembelajaran.html. diakses pada tanggal 29 Oktober 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.