PENGAJARAN CERITA RAKYAT BERBASIS PERMAINAN SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Hairini Nur Hanifah

Abstract


Tujuan artikel ini ialah untuk memberikan alternatif metode pengajaran cerita rakyat yang dikombinasikan dengan permainan  berbasis teknologi atau aplikasi games sebagai  media  pendidikan karakter sehingga diharapkan dapat bermanfaat dalam membangun pendidikan  karakter peserta didik  untuk mewujudkan generasi-generasi muda berkarakter mulia. Pembahasan yang diangkat dalam artikel ini karena permasalahan yang muncul yang disebabkan rendahnya kualitas pendidikan karakter di Indonesia. Terlebih dengan derasnya arus teknologi informasi memberikan imbas yang signifikan terhadap pengajaran, baik dari segi mudahnya segala akses informasi maupun menghambat fokus pembelajaran peserta didik. Padahal karakter merupakan bagian vital suatu bangsa, sehingga apabila pendidikan karakter tidak di tanamkan maka berdampak terhadap kualitas peserta didik di masa yang akan datang. Disisi lain Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman. Keragaman tersebut berupa rumah adat, lagu daerah, tari, bahasa, dan bahkan sastra. Sehingga memungkinkan untuk menggali potensi termasuk di bidang sastra sebagai sarana penanaman pendidikan karakter dalam proses pembelajaran.

 

 

 


Keywords


Pengajaran, cerita rakyat, Permainan, Karakter, Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum. 2010. Pedoman Pengembangan

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Bahan Pelatihan Penguatan

Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai Nilai Budaya untuk Membentuk

Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Gayati, Gatri. 2016. “Manfaat TIK Untuk Kecerdasan mencerdaskan dan memajukan

bangsa”. www.kemkominfo.go.id. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2018.

Habibi. 2018. “Digital Learning System”. Diakses melalui laman

http://habibipte.blogspot.com/p/digital-learning-system.html. Diakses pada

tanggal 2 November 2018.

Maura. Aisya. 2018. Fakta Pendidikan Indonesia: “Gawat Darurat”. Diakses melalui

laman https://blog.ruangguru.com/sistem-pendidikan-indonesia-gawat-darurat.

Pada tanggal 3 November 2018.

Mulyono Susanto, Widjayanti. 2016. Ilmu Sosial di Indonesia perkembangan dan

Tantangan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia : 181-182.

Kevin Nathanael, Tan. Raka Swendra, Cok. Dian Yudani, Hen. 2016. Perancangan

Game Aplikasi Smartphone Tentang Cerita Rakyat Dewi Sanggalangit Bagi

Anak Usia 5-7 Tahun. 1-4. Diakses melalui laman

https://media.neliti.com/media/publications/86741-ID-none.pdf. Diakses pada

tanggal 26 Oktober 2018.

Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Tangkary, Septriana. 2014. Kemkominfo : Pengguna internet di indonesia mencapai 82

juta. www.kemkominfo.go.id. Diakses pada Tangal 28 Oktober 2018.

Youpika. Fitra. 2014. Cerita Rakyat/Legenda “Malin Kundang” Yang Diadaptasi Untuk

Bahan Pembelajaran Sastra Di SMP/SMA. di akses melalui laman

http://fitrayoupika.blogspot.com/2014/11/cerita-rakyat-sebagaipembelajaran.html. diakses pada tanggal 29 Oktober 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.