MODEL PROGRAM PENGENALAN KAMPUS UNTUK MENGEMBANGKAN KESIAPAN KARIR MAHASISWA

Dedi Paramono, Hendy Ristiono, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah mengkaji model program pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. Perguruan tinggi merupakan jenjang Pendidikan Tinggi setelah menempuh jenjang pendidikan menengah. Mahasiswa sedang proses transisi dalam pengembangan karirnya. Kegiatan yang perlu dalam membangun persiapan karir mahasiswa adaalh kegiatan program pengenalan kampus. Model pengenalan kampus saat ini mengacu regulasi Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2018. Dunia perguruan tinggi menyiapkan pembelajar masa depan. Perlu di kaji lebih mendalam bagaimana model model pengenalan di negera lain. Rekomendasi yang daoat berikan adalah redesain model pengenalan kampus yag sesuai tuntutan zaman menyiapkan generasi lulusan perguruan yang memiliki kesiapan karir.

Keywords


mahasiswa, pengenalan, kampus, kesiapan, karir

Full Text:

PDF

References


Box, G., Callan, N., Geddes, T., Kemp, H. M., & Wojcieszek, J. (2012). University First

Year Advisors: A network approach for first year student transition and retention.

A Practice Report. Student Success, 3(1), 91.

Brinkworth, R., McCann, B., Matthews, C., & Nordström, K. (2009). First year

expectations and experiences: Student and teacher perspectives. Higher

Education, 58(2), 157-173.

Bryson, C., & Hand, L. (2007). The role of engagement in inspiring teaching and

learning. Innovations in education and teaching international, 44(4), 349-362.

Collins, N., & Dodsworth, E. (2011). Reaching first-year students during orientation

week. Partnership: The Canadian Journal of Library and Information Practice

and Research, 6(2).

Longden, B. (2006). An institutional response to changing student expectations and their

impact on retention rates. Journal of Higher Education Policy and

Management, 28(2), 173-187

SK Dirjen Dikti Nomor 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan

Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam surat keputusan

nomor 25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan

Kampus bagi Mahasiswa Baru

Scott, P. (2017). Student perception of college value: Opportunities for future

research. Scholarship of Teaching and Learning in Psychology, 3(4), 299.

Smyth, E., & Lodge, J. (2012). Orientation Online: Introducing commencing students to

university study. A Practice Report. International Journal of the First Year in

Higher Education, 3, 83-90.

Utomo, P. (2006). Ospek dan pengembangan budaya akademik: memberi bobot arah

orientasi pembinaan mahasiswa. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Universitas negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.