Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasiteknik lukis dalam topeng batik krebet pada mata kuliah pendidikan seni rupa dan keterampilan di Prodi PGSD UAD, (2) mendeskripsikan motivasi yang muncul pada mahasiswa dalam pembelajaran teknik lukis dalam topeng batik di mata kuliah pendidikan seni rupa dan keterampilan Prodi PGSD UAD.Subyek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UAD yang mengikuti mata kuliah seni budaya dan keterampilan tahun ajaran 2018/2019, terdiri dari 1 kelas dengan total 41 mahasiswa dan diambil sampel secara acak dengan jumlah 8 mahasiswa pada kelas tersebut. Objek penelitian ini adalahmotivasi mahasiswa dalam pembelajaran teknik lukis dalam berkarya topeng batik pada mata kuliah pendidikan seni rupa dan keterampilan Di Prodi PGSD UAD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (Miles Hubermen). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) proses membatik dilakukan dari proses perencanaan, pelaksanaan/praktik, hingga finishing karya, dan ada 10 tahapan dalam berkarya topeng kayu, serta terdapat karakteristik motif geometris dan non geometris yang ada pada topeng kayu. (2) motivasi ada dan muncul melalui proses ketika ada perubahan energi dari diri pribadi para mahasiswa, menghasilkan perasaan yang baik melalui hiburan (refresing) dalam pembelajaran di luar kelas ketika mempraktikkan membuat karya topeng batik, hiburan di rasa menjadi salah satu kebutuhan yang diinginkan oleh mahasiswa ditengah-tengah jenis tugas lainnya. Hiburan menghasilkan rasa rileks dan nyaman sehingga membuat optimis dan mempercepat dalam penyelesaikan tugas. Berkarya dengan rasa senang juga membuahkan hasil lebih maksimal dan membuat karya memiliki estetika.
Keywords
Teknik Lukis, Motivasi Belajar, Pendidikan Seni Rupa dan Keterampilan.
References
Alfauzani, I. 2008. “Karya Seni Grafis Hardboardcut: Kehidupan Pasar Tradisional”. Proyek Studi.
Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
Rondhi, Moh. Dan Anton Sumartono. 2002. “Tinjauan Seni Rupa I”. Hand Out Jurusan Seni Rupa,
FBS UNNES Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang.
Sumanto. 2011. Pengembangan eni Rupa Di Sekolah Dasar. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional.
Sunaryo, A. 2002.“Nirmana I”. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS UNNES Semarang : Jurusan Seni
Rupa FBS Universitas Negeri Semarang.
Triyanto. 2007. Estetika Barat. Semarang: Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri
Semarang.Yayasan Titian Masa Depan (Titian Foundation): Jakarta Yogyakarta: ANDI.
Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar