ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PGSD UAD DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TENTANG KONSEP BILANGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Asih Mardati, Lisa Retnasari, Ratna Aprilia Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai studi awal untuk mengembangkan bahan ajar Matematika bagi mahasiswa PGSD. Salah satu analisis kebutuhan mahasiswa PGSD UAD yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita konsep bilangan. Pembelajaran matematika diberikan kepada calon guru SD agar mahasiswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang terdiri dari memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan dan menafsirkan solusi yang diperolah. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat menyelesaiakan permasalahan yang berhubungan dengan kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal cerita konsep bilangan serta mengetahui penyebab kesulitan dalam menyelesaiakan soal cerita konsep bilangan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UAD angkatan 2018 kelas C dan D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dilakukan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis diharapkan dapat mengungkap kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam menyelesaiakan soal cerika konsep bilangan, mengetahui penyebab kesulitan tersebut serta dapat menentukan penyelesaian yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD. Disamping itu mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan konsep bilangan yang berkaitan dengan permasalah sehari-hari.

Keywords


Kesulitan Penyelesaian, Soal Cerita Matematika, Konsep Bilangan

Full Text:

PDF

References


Aminah dan Kiki Riska Ayu Kurniawati. 2018. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan

Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender”. Jurnal Teori dan Aplikasi

Matematika Vol. 2 No. 2 Oktober 2018.

Daryanto dan Raharjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Martiana, D L. 2014.Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Bermain

dengan Media Ular Tangga pada Anak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang.

Vol.2 No.2

Sari, Depi Adela dkk. 2018. “Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching

and Learning (CTL) Pada Materi Kubus Dengan Konteks Tahu di Kelas VIII”. JDC Vol. 2

No. 2 Juli-Desember 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.