PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL PADA MATERI GAYA DAN CERITA FIKSI DI KELAS IV MUATAN BAHASA INDONESIA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Dwi Astuti Hardiyanti, Fina Farkhiyah, Irfai Fathurohman

Abstract


Komik strip berbasis keunggulan lokal merupakan media yang dapat digunakan menarik minat baca siswa dan menjadikan siswa tertarik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik yang berjudul “Keunikan Kota Kudus” yang valid untuk siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (RnD). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket respond siswa, instrument wawancara, lembar validasi, dan soal tes. Hasil angket respond siswa menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media komik strip untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi cerita fiksi dan pengaruh gaya. Selanjutnya hasil validasi yakni dari 2 validator ahli materi dan 2 validator dari ahli media. Diperoleh hasil validasi dari ahli media I dengan skor 3,4 dengan kriteria valid dan validator II dengan skor 3,65 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa komik strip berbasis keunggulan lokal dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV sekolah dasar.

Keywords


komik strip, pengembangan, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Baharuddin dan Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Fakhriyah, F., S. Masfuah, & M. Roysa. (2018). Readability of Conceptual Science Material

Teaching based on Science Literacy Using Modified Cloze Test Technique to Develop

Computational Thinking Skills. Proceeding Advances in Social Science, Education and

Humaniities Research. Volume 262.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Karyadi, Bhakti dan Ruyani, Aceng. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah

Menengah Pertama di Wilayah Bengkulu Selatan. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Sains, 231-238.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Nismalasari, Santiani, dan Rohmadi, M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle

Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan

Getaran Harmonis. Edu Sains, 4 (2), 2338-4387.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. SASTRA ANAK Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

OECD. 2018. PISA Result in Focus. PISA: OECD Publishing.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Supriyanta, Eko Yuli. 2015. Pengembangan Media Komik untuk Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Sosial Tentang Sejarah Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada Kelas V

SD Muhammadiyah Mutihan Wates Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ulya, H. dan Rahayu,R. 2018. Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open-Ended Berbasis

Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Medives, 2 (2), 183-194.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.