PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP NASIONALISME WARGA NEGARA MUDA

Lisa Retnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan sikap nasioanalisme pada warga negara muda. Penelitian ini merupakan studi literatur untuk menganalisis berbagai tantangan tentang nasionalisme dan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nasionalisme akan tumbuh apabila ada kesamaan tujuan, cita-cita dari suatu negara. Generasi muda yang memiliki sikap nasionalisme  perlu disiapkan sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan kewarganegaraan memiliki peran untuk mentrasfer nilai-nilai nasionalisme guna menangkal berbagai permasalahan dan konflik sosial.


Keywords


Pendidikan Kewarganegaraan; Nasionalisme; Warga Negara Muda

Full Text:

PDF

References


Anderson, Benedict. (1991). Imagined Comunities: Reflection on The Origin and Spread of Nationalism. Revised Edition ed. London and New York: Verso.

Banks, J.A. (2008). Diversity, Groups Identity and Citizenship Education in a Global Age. Dalam Educational Researcher, 37 (3), hlm.129-139.

Buchori, Mochtar. (1994). Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.

Bunyamin, Maftuh, . (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. EDUCATIONIST Vol. II No. 2 Juli 2008.

Branson, Margaret S., dkk. (1999). Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta Kerja sama LKIS dan Asia Foundation.

Cogan, J.J. 1998. Citizenship Education for the 21st Century: Setting The Context. London: Kogan Page Limited.

Center for Civic Education (1994). National Standars for Civic and Government. Calabasas USA.

George Mc Turnan Kahin, (1995), Nasionalisme dan Revolusi di Indonesia, Jakarta: Sinar Harapan

Hans Kohn, (1984), Nasionalisme Arti dan Sejarahnya, Terj. Sumantri Mertodipuro, Jakarta: Erlangga.

Keputusan Dirjen Dikti No.43 tahun 2006 Tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.

Lickona, Thomas. (1992). Educating for Character: How our School can Teach Respect an Responsibility. New York : Bantams Books.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winataputra, Udin S, Dasim Budimansyah (2007). Civic Education. Bandung : Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.