KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR DAN KEMAMPUAN BERBICARA ARGUMENTATIF DALAM UJIAN LISAN MAHASISWA PRODI PBSI/ FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 2013-2014

Eko Suroso

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kemampuan berbicara argumentatif dengan kemampuan berpikir pada Ujian LisanĀ  Mahasiswa Prodi PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2013-2014. Peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam hal ini data-data penelitian diubah dalam bentuk angka-angka. Data dalam penelitian ini merupakan data kontinum sebab nilai yang ditunjukkan dalam data itu berkesinambungan (kontinum). Skala yang dipakai adalah skala interval. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik-korelasi produck moment dengan persyaratan 1) sampel yang digunakan adalah sampel yang representatif, 2) hubungan variabel X dengan variabel Y merupakan hubungan linier, dan 3) bentuk distribusi variabel X dan variabel Y dalam populasi mendekati distribusi normal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PBSI Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun akademik 2013-2014. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan berpikir mahasiswa dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kelompok normal dan kelompok di bawah normal. Hasil tes Kemampuan Berbicara Argumentatif pada ujian lisan menunjukkan bahwa subjek dalam penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu kelompok nilai delapan, tujuh, enam, dan lima. Dari hasil penghitungan statistik SPSS for windows, diketahui bahwa terdapat hubungan (korelasi) yang signifikan (0,961) antara kemampuan mahasiswa dalam berpikir dengan kemampuan mahasiswa dalam berbicara ragumentatif pada taraf keterpercayaan 99%.


Keywords


kemampuan berpikir, argumentatif, bicara, lisan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.