PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RETORIKA BERBASIS ARCS DENGAN APLIKASI FLASH

Ariesty Fujiastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran retorika berbasis ARCS dengan aplikasi flash untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode Reasrch and Develompent (R&D). Penelitian dan pengembangan media pembelajaran retorika dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, dan produk akhir. Uji coba produk pengembangan dilakukan dalam 2 tahap. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Instrumen kelayakan media ditinjau dari media pembelajaran. Validasi dan reabilitas instrumen menggunakan construct validity (validitas konstruksi). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Tahap akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah uji kelayakan dan efektifitas. Penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian tingkat kelayakan media pembelajaran retorika secara keseluruhan diperoleh hasil yang valid dan layak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran retorika dapat digunakan sebagai media pembelajaran baik digunakan oleh dosen sebagai pegangan dalam mengajar maupun bagi mahasiswa dalam belajar.

Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Retorika, ARCS, Flash

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yusuf Zainal. 2013. Pengantar Retorika. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arono. 2013. Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Retorika Melalui Teknologi Informasi. Language; literature; linguistics; applied linguistics; teaching. 13(2): 129-149.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Astuti, Dwi. 2006. Teknik Membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash. Yogyakarta: ANDI.

Badudu, Rendra & Dewi Shinta. 2013. 9 Tahap Mempersiapkan Pidati & MC Jago Pidato& MC dalam Segala Acara. Yogyakarta:Pustaka Cerdas.

Daryanto. 2013. Menyusun Media pembelajaran retorika pidato (Bahan Ajar untuk Persiapan Dosen dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

M. Keller, John. 1987. “Development and Use of The ARCS Model Of Instrucitional Design”. Jurnal of Instructional Development. 10.2-10.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Retorika Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Yudhiantoro, Dhani. 2006. Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Profesional 8. Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional SAGA#1 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.