PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI PAKEL YOGYAKARTA

Arista Wahyuni

Abstract


           Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pembelajaran keterampilan berbicara di kelas IIIB SD N Pakel Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan sebanyak 29 peserta didik terdapat  17 yang dinyatakan belum belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada pembelajaran keterampialn berbicara yang telah ditentukan yaitu 75. Hal tersebut karena kurang terlibatnya peserta didik dan kurang menariknya media pembelajaran keterampilan berbicara. Oleh karena itu perlu adanya media yang kreatif, inovatif, dan menarik yang dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga proses dan hasil belajar meningkat. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah media scrapbook. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain dari kemmis dan MC.Taggart yang meliputi  tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan data tes dan non tes. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas IIIB, sedangkan objek penelitian ini yaitu pembelajaran keterampilan berbicara. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini  dilihat dari keberhasilan proses dan keberhasilan hasil.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media scrapbook dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Pada prasiklus nilai rata-rata kelas 67,86 dengan kategori “Cukup”, meningkat pada siklus II  menjadi 79,37 kategori “Baik” dengan presentase ketuntasan sebesar 86%. Peningkatan selanjutnya dilihat dari aktivitas peserta didik  yang mencapai 88% dengan kategori “Sangat Baik”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media scrapbook pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas IIIB.

 

Kata kunci: keterampilan berbicara, media scrapbook


Keywords


speaking skills, scrapbook media

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Damayanti, Maita Dan Zuhdi. 2017. Pengaruh Media Scrapbook( Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.5 No.3. hlm 804,805.

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Wati, Ambar. 2017. Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Menggunaka Media Permainan Ular Tangga. Jurnal : Mitra Pendidikan. Vol. 1, No.1.

Wardhani, Setyo Wahyu. 2018. Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal : Sekolah (JS). Vol 2. No 2.hlm 125.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.