Efektivitas model cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf siswa kelas iv SD Negeri Triwidadi

Dian Siwi Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Cooperative Integrated Reading and Composition. Keefektifan ini ditinjau dari perolehan hasil tes kemampuan menentukan ide pokok paragraf peserta didik kelas IV SD Negeri Triwidadi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Triwidadi. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yang terdiri dari 18 peserta didik di kelas eksperimen dan 16 peserta didik di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes pretest posttest. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dua pihak dan satu pihak. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil tes menentukan ide pokok paragraf. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji hipotesis dua pihak yang berada di bawah 0,05 yaitu 0,000. Pada hasil uji hipotesis satu pihak menunjukkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi data hasil tes peserta didik yang berada di bawah 0,05 yaitu 0,000.


Keywords


Effectiveness Cooperative Integrated Reading and Composition Main Idea SD Negeri Triwidadi

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ngalimun dan Noor Alfulaila. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Maarip Syamsul Aep dan Kasronudin Al-Hendra. 2016. Konsep dan Aplikasi Belajar Pembelajaran. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.

Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.