IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL SINEMATISASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBACAAN PUISI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS PERADABAN

Cintya Nurika Irma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  (1) implementasi media audiovisual sinematisasi dalam pembelajaran pembacaan puisipada mahasiswa di Universitas Peradaban dan (2) prestasi belajar mahasiswa di Universitas Peradaban setelah diterapkan media audiovisual sinematisasi dalam pembelajaran pembacaan puisi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PBSI FKIP Universitas Peradaban sebanyak 23 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara mengamati dan mencatat puisi dan penampilan pembacaan puisi mahasiswa di Universitas Peardaban. Data tambahan diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap mahasiswa. Media audiovisual sinematisasi menjadi upaya dalam peningkatan kemampuan dalam pembacaan puisi bagi mahasiswa yang diwujudkan melalui tahapanapresiasi, ekspresi, dan produksi puisi. Gaya baca puisi secara poetry reading dan bentuk dan gaya baca puisi secara deklamatoris disimpulkan lebih tepat diterapkan dalam penggunaan media audiovisual sinematisasi. Selain itu, dalam pengambilan gambar mahasiswa melakukan ragam teknik 1) full shot, 2) long shot, 3) medium shot, 4) close up, (5) panup, 6) pan dawn, 7) zoom in. Lokasi pengambilan gambar yang disesuaikan dengan setting dalam puisi yang disusun oleh mahasiswa berdasarkan kearifan lokal menjadi strategi ketepatan isi puisi dan realita yang tergambar langsung dalam hasil rekaman pembacaan puisi. Selanjutnya, terjadi peningkatan Pertama, aspek apresiasi pusi diperoleh hasil 15  mahasiswa yang mendaptkan nilai antara 85-89 dan 8 mahasiswa memperoleh nilai antara 75-88. Kedua, aspek ekpresi puisi diperoleh hasil 16 mahasiswa yang mendaptkan nilai 86. Sebanyak 7 mahasiswa mendaptkan nilai antara 80-84. Ketiga, aspek produksi puisi diperoleh hasil 18 mahasiswa mendapatkan nilai antara 85-89  dan 7 mahasiswa yang memperoleh nilai antara 79-84.

 


Keywords


baca puisi, audiovisual, sinematisasi, puisi

Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Astuti, Endang. 2011. Pengembangan Media Audiovisual (VCD) Sinematisasi Puisi Sebagai Media Pengajaran Apresiasi Puisi Pada Siswa Sma Kelas X.

Doyin, Moh. 2008. Seni Baca Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Irma, Cintya Nurika. 2018. Penerapan Model Flipped Classroom dengan Pendekatan Higher Order Of ThinkingSkills (HOTS) Pada Mata Kuliah Apresiasi Puisi di Universitas Peradaban. Prosiding Seminar Nasional Bahtera di Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Trilling, B. and Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Wijayanti, Arfilia dan Qoriati Mushafanah. 2017. “Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Authentic Taskuntuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar”. Jurnal UPGRIS, 75-85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.