BUKU TEKS BERBENTUK CERITA BERGAMBAR: UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Fendy Yogha Pratama, Ramadhan Kusuma Yuda, Suryo Ediyono

Abstract


Laporan dari Progress In International Reading Literacy Study (PIRLS) tahun 2011, menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa Indonesia dipandang rendah. Penyebab rendahnya kemampuan membaca ini adalah karena kurangnya minat dalam membaca.  Kurangnya minat membaca ini ditimbulkan salah satunya karena kurang menariknya buku yang ada, terutama buku teks. Berdasarkan hal ini, penulis menawarkan sebuah solusi untuk mengintegrasikan buku teks dengan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah library research yang dilakukan dengan cara menelusuri berbagai macam literatur terkait topik yang diajukan. Pengintegrasian buku teks dan buku cerita bergambar dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: (1) menyeleksi dan menyatukan beberapa kompetensi menjadi satu tema cerita, (2) membuat storyboard yang akan menggabungkan satu bab ke bab lain menjadi cerita, dan (3) mendesain ilustrasi sesuai storyboard.

Keywords


buku teks; cerita bergambar; membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.