Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantara Bertutur

Eko Purnomo, Dini Restiyanti Pratiwi

Abstract


Nusantara bertutur merupakan salah satu rubrik dalam klasika kompas. Nusantara bertutur menyajikan dongen yang ditulis oleh anak-anak Indonesia. penelitian ini bertujuan untuk mendeskrupsikan wujud karakter pelajar pancasila dalam dongeng Nusantara bertutur. jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.  Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, ataupun kalimat dalam dongeng Nusantara Bertutur yang mengandung wujud karakter pelajar Pancasila. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan metode padan referensial dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP). Keabsahan data menggunakan trianggulasI teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dongeng Nusantara bertutur mengandung karakter pelajar Pancasila yaitu bernalar Kritis dan dapat memecahkan masalah, kemandirian, kreatif, gotong royong, sikap kebhinekaan, dan berakhlak mulia. wujud karakter pelajar Pancasila yang paling banyak ditemukan yaitu karakter kreatif. dapat disimpulkan bahwa pelajar di Indonesia memiliki karakter kreatif yang tinggi.


Full Text:

PDF

References


Budiyono, Harmawati Y. PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI NILAI-NILAI KETELADANAN GURU DAN ORANG TUA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pros Semin Nas PPKn III. 2020;1–10.

Gunawan. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta 2; 2012.

Purnomo E, Wahyudi AB. Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA J Pendidikan, Sos dan Agama. 2020;12(2):183–93.

Raharjo SB. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. J Pendidik dan Kebud. 2010;16(3):229–38.

Huda M, Purnomo E. The Basic Values of Humanity in an Indonesian Language Textbook used in Junior High Schools. KnE Soc Sci. 2020;2020:124–34.

Jasrudin J, Putera Z, Wajdi F. MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENGUATAN KOMPETENSI PKn DAN PENERAPAN ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN. J Pendidik Kewarganegaraan. 2020;10(2):42.

Ngamanken S. Pentingnya Pendidikan Karakter. Humaniora. 2014;5(1):82–7.

Saepudin A. KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI DAN ISLAM. Syntax Lit J Ilm Indones [Internet]. 2018;3(1):11–20. Available from: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Juliani AJ, Bastian A. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Pros Semin Nas Pendidik Progr Pascasarj Univ PGRI PALEMBANG 15-16 [Internet]. 2021;257–65. Available from: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621/4871

Fitroh SF, Sari EDN. Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. J PG-PAUD Univ Trunojoyo Madura. 2015;2(2):76–149.

Fitriani W. Dongeng dapat Membentuk Karakter Anak Menuju Budi Pekerti yang Luhur. J Rev Pendidik dan Pengajaran. 2019;2(1):178–83.

Rahmawati FP. Kepedulian Lingkungan Dalam “ Nusantara Bertutur ”: Bentuk Penguatan Karakter Dan. Proceeding ICoLLiT (International Conf Lang Lit Teaching) [Internet]. 2017;546–57. Available from: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8908/i9.pdf?sequence=1

Jarwati. Pembalikan deiksis persona dalam teks dongeng anak di koran kompas klasika minggu. Nuansa Indones Vol. 2018;XX(1):96–106.

Ismail S, Suhana S, Yuliati Zakiah Q. ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH. URNAL Manaj Pendidik DAN ILMU Sos. 2021;2(1):76–84.

Sidiq R. PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP DALAM PENGIMPLEMENTASIAN NILAI-NILAI KARAKTER PANCASILA PADA ERA DISRUPSI. Putri Hijau J Pendidik Sej. 2019;4(2):145–54.

Moelong L. Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetas; 2015.

Mahsun. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2019.

Sudaryanto. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press; 20118.

Siregar I, Naelofaria S. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Tingkat Sekolah Dasar (Sd) Di Era Pandemi Covid-19. J Pendidik Sos Keberagaman. 2020;7(2):130–5.

Patonah S. Elemen Bernalar Tujuan pada Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Metakognitif Siswa SMP. J Pendidik IPA Indones. 2014;3(2):128–33.

Purnomo E, Wahyudi AB, Sawitri. Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. J Pendidik. 2021;30(1):73–80.

Wahyuni M, Mustadi M. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KREATIF DAN BERSAHABAT. J Pendidik Karakter [Internet]. 2016;6(2):246–60. Available from: https://www.neliti.com/id/publications/122634/pengembangan-perangkat-pembelajaran-collaborative-learning-berbasis-kearifan-lok#cite

Kurniasih AW. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Semin Nas Mat dan Pendidik Mat [Internet]. 2010;0(0):486–93. Available from: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/8069

Derung TN. Gotong Royong dan Indonesia. Sapa. 2019;4(1):5–13.

Pramudya DU, Sari MMK. MEKANISME SEKOLAH RAKYAT BHINNEKA (SRB) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEBHINNEKAAN PADA ANAK-ANAK DI LIDAH KULON, SURABAYA. Kaji Moral dan Kewarganegaraan. 2019;07(02):708–22.

Umar J. PERANAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MEMBELAJARKAN SISWA MENJADI MANUSIA YANG BERAKHLAK MULIA. Al-Tadzkiyyah J Pendidik Islam. 2016;7:117–28.

Ulfa. Pengenalan Nilai-Nilai Akhlak Mulia Melalui Metode Pembiasaan Di Ra Al Rosyid Bojonegoro. Al-Aufa J Pendidik Dan Kaji Keislam. 2020;2(1):11–26.

Mintarsih N. PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS II. J Pendidik DAN PEMBELAJARAN KHATULISTIWA. 2014;3(12):1–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.