Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ensiklopedia Menggunakan Whiteboard Animation Materi Teks Prosedur

Waesy Tibyani, Hermanto Hermanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan setiap tahapan dalam melakukan  pengembangan media pembelajaran berbasis ensiklopedia menggunakan whiteboard animation pada materi pembelajaran teks prosedur di kelas XI SMK, dan 2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berbasis ensiklopedia menggunakan whiteboard animation pada materi pembelajaran teks prosedur di kelas XI SMK. Latar belakang penelitian ini ialah berubahnya kegiatan pembelajaran akibat pandemi Covid-19, belum maksimalnya pemanfaatan teknologi era modern untuk menunjang pembelajaran dan juga kejenuhan peserta didik terhadap pembelajaran online. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima langkah, yaitu: 1) analisis; 2) desain; 3) pengembangan; 4) implementasi; dan 5) evaluasi. Metode pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara. Instrumen penelitian pada penelitian ini berupa pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan jenis analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis ensiklopedia menggunakan whiteboard animation materi teks prosedur  pada siswa kelas XI SMK mendapatkan hasil yang “sangat layak”, yaitu dengan perolehan skor 83,7. Skor rata-rata didapatkan dari pengolahan skor validasi ahli materi sebesar 97,6, ahli media sebesar 75,4, ahli pengajaran sebesar 82, dan uji coba produk skala kecil 80. Berdasarkan hasil penilaian yang didapatkan, disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis ensiklopedia menggunakan whiteboard animation materi teks prosedur  pada siswa kelas XI SMK “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords


Media Pembelajaran, Whiteboard Animation, Teks Prosedur

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, D. (2000). Media Pembelajaran. Depdiknas.

Indriyani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe Pada Materi Program Linier Metode Simpleks. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508.

Joyce K.E, dan B. W. (2015). Remote Sensing Tertiary Education Meets High Intesity Interval Training. Journal. Charles Darwin University Volume XL-7/W3.

Kurniasih, S. (2014). Strategi-Strategi Pembelajaran. Alfabeta.

Media, T. (2014). Apa Itu Videoscribe? http://tirtamedia.co.id/2014/05/07/apa-itu-videoscribe/

Pribadi, A. B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Graha Aksara.

Wikipedia. (2020). Ensiklopediaa. https://id.wikipedia.org/wiki/Ensiklopedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.