Penggunaan Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Suci Dwinitia, Rifa Anggraini

Abstract


Pandemi covid-19 tidak menyurutkan niat warga negara asing untuk mempelajari bahasa Indonesia yang ditandai dengan bertambahnya jumlah lembaga penyelenggara program BIPA di berbagai negara di dunia. Banyak warga negara asing yang belajar bahasa Indonesia dengan berbagai perbedaan. Perbedaan yang berasal dari pemelajar yakni perbedaan usia, budaya, latar belakang sosial, serta kondisi individu masing-masing para pembelajar BIPA. Berbagai perbedaan latar belakang tersebut akan berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar serta keterampilan berbahasa pemelajar. Untuk mengatasi hal tersebut, pengajar harus memilih alternatif yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai. Salah satunya dengan menerapkan metode langsung. Dengan penerapan metode langsung diharapkan kemampuan berbahasa pemelajar akan semakin meningkat karna dalam proses pembelajaran pengajar langsung mengajarkan tanpa ada proses terjemahan. Pengajar langsung memulai dengan dialog secara lisan, menunjukkan gambar atau benda yang mengacu pada hal yang diajarkan. Metode langsung ini dapat dikolaborasikan dengan empat aspek keterampilan berbahasa serta dengan aspek budaya.

 

The COVID-19 pandemic has not discouraged foreign nationals from learning the Indonesian language, which is marked by the increasing number of institutions administering the BIPA program in various countries in the world. Many foreign nationals learn Indonesian with differences. Differences in socio-cultural backgrounds, age backgrounds, academic backgrounds, interests backgrounds, and the unique background of BIPA students. These various background differences will affect the process and learning outcomes as well as students' language skills. To overcome this, the teacher must choose the right alternative so that the learning objectives are achieved. One of them is by applying the direct method. With the application of the direct method, it is expected that students' language skills will increase because in the learning process the teacher directly teaches without any translation process. The teacher immediately begins with  verbal dialogue, showing pictures or objects that refer to what is being taught. This direct method can be collaborated with the four aspects of language skills as well as with cultural aspects.


Keywords


BIPA learning, direct method

Full Text:

PDF

References


Arif, Muh [Internet]. Meode Langsung (Direct Method) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tersedia: http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa [Internet]. Badan Bahasa Targetkan 100.000 Pemelajar Baru BIPA pada Tahun 2024. Tersedia: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/berita/3435/badan-bahasa-targetkan-100000-pemelajar-baru-bipa-pada-tahun-2024

Brown, D.H. 2001. Teaching by Principles: An Interatctive Approach to Language Pedagogy (Second Edition). New York: Longman.

Brown, D.H. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa (Edisi Kelima). Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fachrurrozi, A dan Erta Mahyuddin. 2011. Pembelajaran Bahasa Asing (Metode Tradisional dan Kontemporer). Jakarta: Bania Publishing.

Hartono, Heni. 2020. Metode dan Teknik Kreati Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak-anak Usia Dini (Panduan Praktis untuk Guru dan Orang Tua Mendampingi Anak Usia Dini Mempelajari Bahasa Inggris di Sekolah dan di Rumah). Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Parwati, Ni Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Richards, J.C. & Rodgers, T.S. (1986). Approaches and Methods in Language Teaching (Second Edition). Cambridge: Cambridge University Press.

Tiawati, Refa Lina dan Suci Dwinitia. 2020. Strategi dan Media Pembelajaran BIPA. Adang: CV Panawa Jemboan.

Wicaksono, dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.