Pendidikan karakter dalam praktik wawancara narasumber feature biografi

Asy Syifa Dhewi, Windy Wirdo Ningrum, Ninda Shavera Visty Happy Yana

Abstract


Pendidikan karakter menjadi hal yang penting dalam kemajuan bangsa. Pendidikan karakter ini berfokus pada penanaman nilai karakter terhadap peserta didik. Karakter menjadi sebuah simbol kebiasaan seseorang dalam menjalankan kehidupannya. Penanaman pendidikan karakter oleh mahasiswa peminatan jurnalistik Universitas Ahmad Dahlan dalam praktik wawancara narasumber feature biografi yang terlaksana beberapa waktu yang lalu. Hubungan antara pendidikan karakter dengan praktik wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengambil mata kuliah peminatan penulisan Feature. Pengumpulan data dari penelitian ini dengan wawancara dengan menggunakan layanan interaktif berbasis web di Google Form. Peneliti menyediakan delapan belas pertanyaan berupa essai sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter menurut Kemendikbudristek yang muncul saat pelaksanaan wawancara narasumber untuk penulisan Feature Biografi. Dari hasil penelitian ini mahasiwa sudah menanamkan delapan belas nilai pendidikan karakter menurut Kemendikbudristek

Keywords


Pendidikan karakter, wawancara, mahasiswa jurnalistik

Full Text:

PDF

References


(1) Rachmah, H. (2013). Nilai-nilai dalam pendidikan karakter bangsa yang berdasarkan

Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7-14.

(2) Harahap, E. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Feature dengan Pendekatan

Jurnalistik Sastra. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(2).

(3) Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan

konseling. Quanta, 2(2), 83-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.