Implementasi pembelajaran bauran (blended learning) dalam kuliah Penulisan Feature

Neissaroh Al Mardhiah, Catur Rohmiasih

Abstract


Setelah dua tahun pendidikan harus dilakukan dengan daring penuh, kini sudah ada kelonggaran untuk melakukan tatap muka meskipun terbatas. Adanya inisiatif untuk melakukan perkuliahan secara bauran atau blended learning menjadi langkah awal memulai perkuliahan secara normal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perkuliahan bauran bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Populasi penelitian adalah dosen pengampu mata kuliah Penulisan Feature dan mahasiswa kelas A Penulisan Feature semester VI tahun akademik 2021/2022 PBSI FKIP UAD berjumlah empat orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkuliahan bauran menjadi solusi untuk mengembalikan perkuliahan daring ke luring sepenuhnya. Respon mahasiswa menunjukkan bahwa dua mahasiswa menyatakan sangat puas, satu mahasiswa menyatakan cukup puas, satu mahasiswa menyatakan belum puas terhadap perkuliahan blanded learning pada mata kuliah Penulisan Feature. Dosen pengampu mata kuliah Penulisan Feature mengungkapkan peruliahan bauran atau blanded learning cukup efektif bagi dosen dan mahasiswa.


Keywords


Implementasi; blended learning; Penulisan feature

Full Text:

PDF

References


Setiawan R, Mardapi D, Pratama A, Ramadan S. EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DALAM INOVASI PENDIDIKAN ERA INDUSTRI 4.0 PADA MATA KULIAH TEORI TES KLASIK Risky. J Inov Teknol Pendidik. 2019;6(2):148–57.

Dwiyogo W. Analisi Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. J Pendidik dan Pembelajaran. 2014;21(1):71–8.

Ekayati R. IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO. J EduTech Vol. 2018;4(2):50–6.

Inggriyani F-, Hamdani AR, Dahlan T. Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR J Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 2019;3(1):28–35.

Kristanto, Vigih Hery. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Deepublish, 2018.

Thaib D, Wahyudin D, Rahmawati Y, Riyana C. STUDI ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN. J Pendidik Dasar. 2016;8(2):107–25.

[video file]. 2022 Mei 2022 [cited 2022 Jul 24]. Diunduh dari: https://www.youtube.com/results?search_query=kompas+tv+17+mei+2022

Suharsono DD. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Feature berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Program Jurnalistik di Universitas Negeri Malang. J Kiprah. 2020;8(1):27–37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.