Tanggapan mahasiswa peminatan jurnalistik terhadap minat menulis artikel dan resensi buku di koran

Santi Sartika

Abstract


Kemampuan menulis mahasiswa akan baik apabila memiliki minat menulis yang tepat baik dari segi unsur kebahasaan, struktur bahasa, mapun kaidah kebahasaanya. Hal tersebut dapat mahasiswa peroleh dengan mengikuti peminatan jurnalistik. Makalah ini ditulis dengan metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan google formlir sebagai media survei tanggapan mahasiswa peminatan jurnalistik Kelas Opini dan Resensi A PBSI FKIP UAD angkatan 2020. Terdapat bebeerapa manfaat yang diperoleh dari mengikuti kelas jurnalistik seperti memperoleh ilmu mengenai kepenulisan, perbaikan kata, dan pembendaharaan kata. Minat menulis mahasiswa yang beragam seperti pada jenis tulisan opini, esai, resensi buku, puisi, dan jenis tulisan lainnya menjadikan motivasi terciptanya sebuah tulisan yang baik menurut mahasiswa itu sendiri. Media massa baik online maupun offline yang dapat mendukung dipublikasikannya tulisan mahasiswa menjadi tujuan awal pula mahasiswa mulai menulis. Oleh karena itu, dengan adanya makalah ini diharapkan dapat meningkatkan minat menulis mahasiswa dan sebagai bentuk apresiasi terhadap tulisan yang sudah mahasiswa buat.

Keywords


Mahasiswa, jurnalistik, menulis, artikel, buku

Full Text:

PDF

References


(1) Kurniawan, Latif Anshori. "Pembelajaran Keterampilan Menulis dengan Blog: Telaah

Pembelajaran Berjarak." Sasindo 3.1 (2015).

(2) Yerni, Yerni, Adelina Hasyim, and Sudirman Sudirman. "Hubungan Minat Menulis,

Intensitas Latihan, dan Ketersediaan Sumber Belajar." Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi

Pendidikan (Old) 2.3 (2014).

(3) Kurniawan, Latif Anshori. "Pengoptimalan Blog dalam Upaya Menunjang Keterampilan

Menulis Mahasiswa." Sasindo 2.1 Januari (2014).

(4) Warhani, D., Sri Hesti, and Nindyta Aisyah. "HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN

KOMPETENSI MENULIS MAHASISWA PUBLIC RELATIONS PESERTA MATA KULIAH MEDIA

RELATIONS, FIKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA." Visi Komunikasi 16.01 (2017): 55-70.

(5) Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Yogyakarta: BPFE. (2010).

(6) Wahdati, Anisa Kusuma. Pengaruh Minat Membaca terhadap Kemampuan Menulis. Cerpen

Islami pada Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Semaran. (2015).

(7) Jurdil, Rizky Roland, et al. "Webinar Solusi Meningkatkan Kreativitas Menulis Anak

Sekolah Dasar Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-

" Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) 1.1 (2021):

-84.

(8) Na’imatul FA, Dian, Ita Ambarwati, and Fitria Rahmawati. "Peningkatan kegemaran

menulis karya ilmiah melalui program kreativitas mahasiswa (PKM)." (2015).

(9) Ibda, Hamidulloh. "Peningkatan keterampilan menulis resensi buku ilmiah pada

mahasiswa melalui program satu semester satu resensi (tuter tensi)." Disastra: Jurnal Pendidikan

Bahasa dan Sastra Indonesia 2.1 (2020): 1-13.

(10) Setiawati, I. Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif Pada Peserta

didik Kelas 4 dan 5: Studi Multi Kasus di MIN Rejotangan dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung.

Jurnal Dinamika Penelitian. 16(1) , (2016):107-127.

(11) Ngudiana. Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Strategi

Modelling. Jurnal Wahana Pedagogika, Vol. 2, No. 1. (2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.