Adverbia kualitas dalam buku Dongeng Pengantar Tidur: Kajian fungsi dan posisi

Muhammad Ieduddien, Sudarmini Sudarmini

Abstract


Adverbia termasuk ke dalam kelas kata tertutup yang jarang diteliti. Dalam buku Dongeng Pengantar Tidur terdapat banyak ditemui adverbia, khususnya adverbia kualitas. Adverbia kualitas digunakan untuk menyatakan mutu atau derajat suatu tindakan atau peristiwa. Masalah dalam penelitian ini terfokus pada fungsi sintaksis yang mengandung adverbia kualitas dan posisi adverbia kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adverbia kualitas dalam buku Dongeng Pengantar Tidur dalam dua prespektif, yaitu fungsi dan posisi. Penelitian yang berjenis kualitatif ini datanya dikumpulkan dengan teknik simak bebas libat cakap dengan teknik lanjutan catat. Analisis data menggunakan metode agih, teknik dasar BUL, dan teknik lanjutan sisip serta ubah ujud. Hasilnya (1) Ditemukan 46 data yang berfungsi predikat, pelengkap, dan keterangan yang mengandung adverbia kualitas. selanjutnya (2) Ditemukan tiga posisi adverbia kualitas yaitu, mendahului kata yang dijelaskan, mengikuti kata yang dijelaskan, dan mengapit kata yang dijelaskan.


Keywords


Adverbia, Adverbia Kualitas, Fungsi, Posisi

Full Text:

PDF

References


Chaer A. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka CIpta; 2015. 245 p.

Alwi H. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. 3rd ed. Jakarta: Balai Pustaka; 2010. 498 p.

Kridalaksana H. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. 6th ed. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2008. 163 p.

Ratna GSD. "Adverbia Derajad dan Adverbia Penjumlahan pada Kumpulan Cerpen Bedak dalam Pasir Karya Sule Subaweh dan Kaitannya dengan Pembelajaran Teks Narasi di SMP Kelas VII". Universitas Ahmad Dahlan; 2019.

Agustin ER. "Adverbia Penanda Kualitas Dalam Bahasa Indonesia Kajian Sintaksis". Universitas Padjajaran; 2013.

Rahmadiana A. "Adverb Of Degree In The Short Story Of The Legend Of Sleepy Hollow Written By Washington Irving". Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin; 2019.

Noviatri A. "Penggunaan Adverbia Bahasa Indonesia Dalam Media Cetak Lokal Di Kota Padang : Kajian Morfologis Dan Sintaksis". Puitika, Univ Andalas. 2020;16(1):61–77.

Nusarini. "Adverbia Dalam Bahasa Indonesia : Tinjauan Bentuk Dan Perilaku Semantisnya". Caraka. 2017;3.

Nurhidayatika. "Penggunaan Adverbia dalam Naskah Hukum Pidana Korupsi (Kajian Morfosintaksis)". Akrab Juara [Internet]. 2020;5(1):43–54. Available from: http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Susilo PM. "Analisa Perbandingan Penggunaan Kata Keterangan Derajat Bahasa Mandarin Dan Bahasa Indonesia". Becoss. 2019;1(1):117–23.

Sudarmini S. "Adverbia Jumlah Dalam Teks Terjemah Alquran: Kajian Fungsi Dan Kategori". Semin Nas Pendidik Bhs …. 2017;254–68.

Mariati S. "Adverbia Bahasa Tarfia". Kelasa. 2021;15(2):276–90.

Sanjoko Y. "Adverbia Bahasa Mooi". Kibas. 2022;104–28.

Muhammad. Metode Penelitian Bahasa. meita Sandra, editor. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media; 2014. 328 p.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2017. 334 p.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.