Peran Bapak dalam Cerpen “Ibu Pergi ke Laut” Karya Puthut EA dan Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye: Kajian Intertekstual

Ayu Tipa Uswatun, Rina Ratih Sri Sudaryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan peran bapak dalam cerpen “Ibu Pergi ke Laut” karya Puthut EA dan novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dengan kajian intertekstual. Penelitian dengan metode deskriptif kualitatif ini memiliki sumber data penelitian berupa cerpen “Ibu Pergi ke Laut” karya Puthut EA dan novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. Novel tersebut pernah diadaptasikan dalam sebuah film berjudul Hafalan Shalat Delisa. Data berupa deskripsi yang mengandung peran bapak dalam cerpen “Ibu Pergi ke Laut” karya Puthut EA dan novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye akan diperoleh dari kegiatan penelitian berupa kutipan-kutipan, baik berbentuk monolog maupun dialog. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan menggunakan teknik catat dan kajian kepustakaan. Data dianalisis dengan kajian intertekstual. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) persamaan peran bapak meliputi peran sebagai economic provider, caregiver, teacher and role model, (2) perbedaan terletak pada peran bapak sebagai protector dan monitor and disclipniory yang tidak ditemukan dalam cerpen “Ibu Pergi ke Laut” karya Puthut EA. Peran bapak yang ditemukan menunjukkan sosok bapak yang bertanggung jawab, tidak hanya sebagai tulang punggung keluarga, tetapi juga sebagai pengganti ibu yang telah tiada, menjadi sumber inspirasi bagi anak-anaknya, sebagai pelindung dan pengawasan.

Keywords


Peran bapak, cerpen, novel, intertekstual

Full Text:

PDF

References


Djojosuroto K. Dasar-Dasar Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Manasco; 2000.

Nurgiyantoro B. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2010.

Puthut E A. Kupu-Kupu Bersayap Gelap. Yogyakarta: Shira Media; 2020.

Liye T. Hafalan Shalat Delisa. Jawa Barat: Sabak Grip Nusantara; 2021.

Hasniyati. “Eksistensi Tokoh Ayah Dalam Novel.” J Master Bhs. 2018;6(3):226–38.

Gunawan HI. Nilai Religius Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik Dan Analisis Isi). J Pendidikan,Hukum, dan Bisnis [Internet]. 2020;5(1):10–20.

Rahmawati EN, Gustina RC. Pembelajaran Menganalisis Struktur Teks Cerita Pendek “Ibu Pergi Ke Laut” Karya Puthut Ea Pada Siswa Sma. Parol (Jurnal Pendidik Bhs dan Sastra Indones. 2019;2(1):103–8.

Yuniardi MS. Penerimaan Remaja Laki-Laki dengan Perilaku Antisosial terhadap Peran Ayahnya di dalam Keluarga. Malang: Laporan Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang; 2009.

Nurgiyantoro B. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2015.

Inarti S. Analisis Intertekstual Puisi “Dongeng Sebelum Tidur” Karya Goenawan Mohamad. METASASTRA. 2012;6(1):81–9.

Jabrohim. Teori Penelitian Sastra. Yogyakata: Pustaka Pelajar; 2014.

Moleong LJ. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.