Penerapan model contextual teaching and learning Pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Pajangan Bantul semester genap tahun pelajaran 2021/2022 untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi

Yovita Dwidaulat Pramusinta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model contextual teaching and learning guna meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Pajangan Bantul semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Pajangan Bantul sebanyak 36 orang dan guru bahasa Indonesia. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian memperlihatkan proses penerapan model pembelajaran CTL berjalan dengan baik pada kedua siklus ditunjukkan dengan dampak positif yang ditimbulkan pada siswa maupun pada guru. Model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi di kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul. Hasil tes kemampuan siswa menulis puisi pada siklus I menunjukkan sebanyak 26 dari 36 orang siswa atau sebesar 72,22 persen siswa memiliki nilai yang lebih tinggi dari tingkat kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah sebesar 68. Sementara pada siklus II sebanyak 30 dari 36 siswa atau sebesar 83,33 persen siswa memiliki nilai yang lebih tinggi atau mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Hal ini memperlihatkan bahwa tingkat persentase ketuntasan siswa pada pelaksanaan siklus II sebesar 83,33 persen lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat ketuntasan yang ditetapkan sekolah sebesar 80 persen. Peningkatan tingkat persentase pada siklus II adalah sebesar 11,11 persen. Dengan demikian dapat dikatakan baik dari tingkat kriteria ketuntasan minimal (KKM) maupun dari tingkat ketuntasan siswa pada penerapan model pembelajaran CTL lebih besar dari tingkat ketetapan yang ada di SMA Negeri 1 Pajangan Bantul. Peningkatan kemampuan siswa menulis puisi ini dapat dilihat dari aspek-aspek pembentuk puisi, yaitu struktur fisik dan struktur batin seperti aspek imaji, tipografi, dan aspek tema yang tergolong tinggi.


Keywords


model pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), menulis puisi

Full Text:

PDF

References


Pradopo, R. D. (2020). Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sayuti, S. A. (2010). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Indriyana, Bernadeta Siska, and Paulus Kuswandono. "Developing Students' Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Reading: English Teachers' Strategies in Selected Junior High Schools." Journal of English Teaching 5.3 (2019): 204-216.

Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2016). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Wardoyo, S. M. (2013). Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Agustina, M. (2017). Peningkatan kemampuan menulis puisi berdasarkan media catatan harian melalui model pembelajaran kontekstual siswa kelas XII SMA Tamansiswa Palembang. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1).

Nita, Indrawati, I. P. T., & Sukanadi, N. l. (2019). Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dengan inspirator film kepahlawanan pada siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bakti Saraswati, 8(1).

Prastyawati, E. (2010). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan

Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. (Skripsi), Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kasran, M. (2013). Upaya peningkatan kemampuan menulis dengan memanfaatkan media foto keindahan alam pada siswa kelas X F SMA Negeri 1 Seyegan Kabupaten Sleman. (Skripsi), Universitas Negeri Yogyakarta, Yoogyakarta.

Johnson. (2014). Contextual Teaching and Learning : Menjadikan kegiatan belajarmengajar mengasyikkan dan bermakna (I. Setiawan & I. Sitompul, Trans. 1 ed.). Bandung: Kaifa.

Malo, F. M. (2018). Keefektifan pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas X SMA Santo Thomas Aquinas di Sumba Barat Daya. (Tesis), Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Kurniawan, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa dengan Menerapkan Teknik Imagine (Khayalan Visual) di Kelas XII Bahasa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. (Skripsi), Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Susilo, S. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X TAV 2 SMK Negeri 1 Lengkong Kabupaten Nganjuk dengan Memanfaatkan Media Foto Keindahan Alam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Putra, I. Y. N. (2017). Dimensi progresivisme pada kumpulan puisi Philosophia karya Wachid Eko Purwanto Kajian semiotik dan implementasi pembelajaran sastra di SMA. (Tesis), Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Riduan, & Akdon. (2018). Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.