Implementasi Nilai Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di SD Muhammadiyah Sambisari

Aniza Uswatun Mustafa, Noviana Dwi Rahmadani, Eva KusnulKhotimah, M.Ragil Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis implementasi nilai religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SD Muhammadiyah Sambisari. Jenis penelitian yag digunakan ialah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik fenomenologi.  Metode yang digunakan dalam penelitan ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang berjudul implementasi nilai religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SD Muhammadiyah Sambisari. Penanaman nilai-nilai religius di SD Muhammadiyah Sambisari menjadi fokus penting dalam terwujudnya visi dan misi SD Muhammadiyah Sambisari. Model penanaman karakter yang digunakan yaitu dengan keteladanan, pemberian pengetahuan dengan memahami, menyadari, mengetahui, dan mengklasifikasikan mengenai nilai-nilai baik dikehidupan, pembiasaan yang dilakukan dengan terus menurus, dan moral acting. Penanaman karakter diwujudkan dalam perilaku melalui kegiatan budaya 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, santun), berdoa sebelum dan sesudah pelajaran berlangsung, pembacaan janji pelajar muhammadiyah, tadarus sebelum pelajaran, sholat duhur berjamaah, baca tulis Al-Quran, dan tahfidz. Dengan implementassi nilai religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan yang di lakukan di sekolah maka akan menjadi kebiasaan yang melekat pada hati peserta didik, sehingga pembiasaan tersebut tidak hanya dilakukan di sekolah saja tetapi juga dilakukan di rumah serta di kehidupan masyarakat dan bahkan sampai peserta didik lulus dari SD Muhammadiyah Sambisari.

Full Text:

PDF

References


Mahdalena, R. D. (2020). Implementasi Nilai Religius dalam Pembentukkan Karakter Peserta Didik Melalui Sholat Dhuha di MTS Darul Karomah Randuagung Singosari. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1291%0Ahttp://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/1291/S1_PAI_21601011126 ROYDAH DEWI MAHDALENA.pdf?sequence=1

Kurniawan, M. A., Ysh, A. Y. S., & Artharina, F. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Jambean 01 Pati. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 197–204.

Norlaila, S. (2021). Pembentukan Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di Mi Karamah Tapin Tengah.

AZMI, M. U. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius Di Madrasah Tsanawiyah Mu’Allimin Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur Tesis. 1–119.

Umar Fauzi, M., & Khoiriyah, M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa di SD Ar Rahman Kertosono. At-Tuhfah, 8(2), 1–15. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v8i2.201

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Irodati, F. (2022). Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–55. http://dx.doi.org/10.33507/pai.v1i1.308

Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.